Meningkatkan Penjualan
15 October 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 520
Comments: 0

Meningkatkan Penjualan

meningkatkan penjualan produk barang atau jasa wajib diadaptasikan pada perkembangan teknologi terkini. Contohnya melalui optimalisasi promosi dengan berbagai media sosial di internet, termasuk juga kemampuan membuka komunikasi dua arah antara pihak penjual dan pembeli. Praktinya selalu fleksibel alias bisa disesuaikan pada ketersediaan fasilitas, serta pembacaan segmen pasar.

Meningkatkan Penjualan

Meningkatkan Penjualan

Prinsip-prinsip Dasar Peningkatan Penjualan Produk

Secanggih apa pun jenis atau sarana tekologi yang dimiliki, pihak penjual harus mempraktikan promosi sesuai dengan prinsip-prinsip dasar. Pahamilah pasar dan konsumen supaya senantiasa bisa menyesuaikan praktik promosi dan penjualan yang optimal. Beberapa hal berikut semoga akan membantu menjelaskan apa saja yang dibutuhkan untuk meningkatkan penjualan produk.

Konsumen sebagai Agen Promosi

Ciptakanlan situasi yang membangun ketertarikan konsumen pada produk barang Anda sehingga mereka pun secara otomatis akan merekomendasikan kepada orang lain. Secara sistematis, produk barang Anda akan mulai dikenal oleh lebih banyak lingkaran. Hal itu akan menekan biaya karena tidak perlu repot-repot membangun skema promosi dan penjualan.

Menjalin Ikatan Emosional dengan Konsumen

Masih terkait dengan prinsip di atas, yaitu dengan membangun ikatan yang tak hanya semata mekanisme transaksional. Artinya, selain berkepentingan dengan produk barang Anda, para konsumen pun sudah mempercayai Anda sebagai produsen/penjual. Proses promosi pun akan berlangsung secara alami dan otomatis akan membantu meningkatkan penjualan produk barang.

Membuka Arah Komunikasi

Berikan kepuasan semaksimal mungkin kepada para konsumen. Caranya ialah dengan membuka arah komunikasi dua arah. Bukan hanya Anda sebagai pihak penjual yang mempromosikan produk, dan cuma memaparkan informasi-informasi mendasar. Sebaliknya, para konsumen pun berkesempatan untuk bertanya, memberikan saran, atau model-model interaksi lainnya.

Efektivitas dan Efisiensi Waktu

Prinsip dasar yang akan menjadi kunci kesuksesan dari sebuah model usaha. Efektif dan efisien. Dua kata yang selalu diulang dan sayangnya kurang dipraktikkan secara maksimal oleh pihak-pihak penjual. Padahal, sudah banyak sarana atau fasilitas yang mendukung kebutuhan tersebut. Yaitu dengan jalur komunikasi dan informasi di internet.

Membangun Kesetiaan Konsumen

Memang akan sangat sulit membayangkan bagaimana sistem promosi dan penjualan yang diterapkan akan berhasil membangun kesetiaan konsumen. Selain faktor infrastruktur atau ketersediaan fasilitas, kompetisi bisnis yang semakin ketat kerap menghambat proses pelaksanaannya. Namun bukan berarti tak ada solusi yang lebih praktis untuk tujuan itu.

Seperti yang telah dipaparkan di atas, cuma dengan berpedoman pada prinsip-prinsip dasar tersebut, praktik peningkatan penjualan niscaya semakin mudah ditempuh. Bahkan, target-target bisnis pun akan bisa dicapai secara maksimal. Semuanya terangkum dalam konsep service excellence dalam bisnis.

Kesimpulannya, jika ingin meningkatkan penjualan produk barang atau jasa, pastikanlah bahwa Anda mampu membangun kesetiaan konsumen melalui berbagai cara. Mulailah berbenah pada skema dasar pelaksanaan praktik bisnis supaya menjadi lebih ringkas dan tidak menyita banyak waktu atau energi.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>