Meningkatkan Penjualan
11 December 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 552
Comments: 0

Meningkatkan Penjualan

meningkatkan penjualan dalam target waktu yang terbatas memang kerap menimbulkan persoalan baru. Setidaknya, target itu harus bisa dipenuhi secara nyata. Bukan sekadar rancangan di atas kertas yang ternyata tak bisa dicapai bahkan dalam angka standar. Untuk meningkatkan penjualan perusahaan, setiap karyawan dituntut untuk memiliki sejumlah poin penting di bawah ini.

Meningkatkan Penjualan

Meningkatkan Penjualan

Ketrampilan Karyawan

Ketrampilan seorang karyawan berpengaruh pada kualitas penjualan. Trampil di sini berarti kecekatan untuk senantiasa mengamati peluang pasar dan mencari celah-celah baru untuk meningkatkan penjualan. Tidak setiap karyawan punya bakat dalam menjual produk, namun dengan bakat yang mereka miliki, target pun bisa ditempuh berdasarkan rancangan yang telah dibuat.

Efisiensi dan Efektivitas

Makin efisien akan berdampak positif pada target penjualan produk. Ada dua target di sini, yaitu batas akhir target dan target tanpa kerugian. Yang pertama adalah kemampuan memenuhi target penjualan sesuai waktu yang telah ditentukan. Bagaimana pun caranya, produk yang dijual bisa laris sebanyak-banyaknya serta kurang dari batas waktu yang telah ditetapkan.

Target tanpa kerugian merupakan prioritas paling rendah dalam tujuan peningkatan penjualan. Artinya, sebisa mungkin bahwa program penjualan itu tidak akan menimbulkan kerugian sedikit pun. Prioritas dalam praktik penjualan memang sangat tergantung pada kemampuan memahami produk serta kecermatan mengamati peluang pasar.

Ramah

Seorang karyawan dituntut untuk selalu bersikap ramah pada setiap pelanggan yang dijumpainya. Hal ini kelihatannya sepele namun banyak kasus kesalahan akibat ketidakmampuan mengenali pasar dan para konsumen. Layanan yang ramah dan tidak dibuat-buat akan turut membantu mengembangkan kualitas perusahaan termasuk pencapaian target yang lebih besar.

Kebanggaan Karyawan

Kebanggaan seorang karyawan dalam perusahaan mengenai produk dan tempat di mana ia bekerja juga punya pengaruh penting. Poin terakhir ini menjadi tanggung jawab dari perusahaan terkait dengan jalan memberikan reward dan kesempatan kepada para karyawan untuk membuktikan prestasi mereka.

Mungkin akan lebih baik jika perusahaan menyelenggarakan beberapa momen khusus untuk memberikan penghargaan tertentu kepada para karyawan. Contohnya adalah model penghargaan untuk karyawan terbaik bulan ini, dan sebagainya. Cara-cara semacam itu bisa memacu semangat dan motivasi dari setiap karyawan untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

Keempat poin di atas semestinya menjadi acuan-acuan penting bagi perusahaan untuk meningkatkan target penjualan. Lakukan analisis dan evaluasi bertahap untuk memahami setiap bentuk perubahan yang berlangsung dalam roda-roda perusahaan. Hindarilah setiap risiko dari ketidakpuasan pelanggan yang bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Peningkatan penjualan harus selalu dijadikan acuan penting untuk memacu perkembangan positif bagi perusahaan terkait. Program pelatihan karyawan untuk service excellent pun menjadi jawaban terbaik untuk memperluas gagasan-gagasan segar dan terkini bagi target perusahaan untuk meningkatkan penjualan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>