Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
22 December 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 544
Comments: 0

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Salah satu tolak ukur pelayanan perusahaan adalah kepuasan pelanggan. Banyak perusahaan menjadikan komplain pelanggan sebagai indikasi kepuasan pelanggan. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, mereka berusaha meminimalisir datangnya komplain dari pelanggan. Padahal ada banyak faktor lainnya yang mempengaruhi kepuasan pelanggan.

kepuasan pelanggan

kepuasan pelanggan

Kualitas produk dan juga pelayanan yang diberikan juga menentukan kepuasan pelanggan. Jika Anda sebagai pemilik usaha mampu memberikan penjelasan mengenai keunggulan produk dengan baik, pelanggan akan dibuat puas karenanya. Selain itu, hal-hal berikut ini juga dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan:

Mengetahui nilai bisnis sendiri

Mengetahui nilai bisnis Anda adalah salah satu keunggulan tersendiri. Nilai disini bukanlah berupa nominal melainkan kualitas bisnis yang Anda bangun. Informasikan dengan jelas nilai bisnis Anda kepada pelanggan. Sehingga pelanggan merasa yakin dan puas dengan informasi yang Anda berikan mengenai bisnis Anda. Pelanggan akan merasa harus datang kembali ke toko Anda.

Melayani dengan baik

Pelanggan tidak hanya memerlukan kualitas produk yang baik dan harga yang terjangkau. Pelanggan juga perlu kualitas pelayanan yang baik. Tunjukkan konsistensi dalam melayani pelanggan. Pahami dengan baik setiap keinginan pelanggan pada produk yang Anda sediakan. Sehingga produk Anda akan menempati posisi pertama di hati pelanggan.

Survei pelanggan

Kepuasan pelanggan dapat dengan mudah dilihat saat Anda melakukan survei pelanggan. Lakukan survei secara rutin untuk mengumpulkan informasi yang Anda perlukan dari pelanggan. Informasi ini akan membantu Anda mengetahui tingkat kepuasan pelanggan. Informasi ini juga akan membantu Anda meningkatkan kerja perusahaan atau bisnis Anda sesuai harapan pelanggan.

Waktu yang paling tepat untuk melakukan survei pelanggan adalah tidak lama setelah pelanggan berkunjung ke toko Anda. Survei bisa dilakukan dengan wawancara langsung, melalui telepon atau dengan mengisi kuisioner. Survei yang terlalu lama dilakukan akan membuat pelanggan lupa dengan kesan yang didapatnya saat berkunjung ke toko.

Promo untuk pelanggan

Salah satu cara yang cukup efektif untuk meningkatkan pelayanan pelanggan adalah dengan mengadakan promo untuk pelanggan. Tentunya Anda harus menjaring para pelanggan loyal yang datang ke toko. Promo ini dapat berupa potongan harga atau voucher belanja. Sehingga pelanggan akan semakin loyal. Bisa jadi mereka akan merekomendasikan toko Anda kepada relasinya.

Menepati jaminan

Biasanya untuk menarik minat pembeli, Anda akan mengeluarkan garansi atau jaminan pada produk yang akan dijual. Jaminan ini dapat Anda berikan kepada pelanggan selama Anda dapat memenuhinya. Buatlah jaminan yang sesuai dengan kemampuan perusahaan. Sehingga saat jaminan harus dikeluarkan, Anda tidak akan dibuat rugi karenanya.

Untuk mengetahui cara meningkatkan kepuasan pelanggan lainnya, Anda dapat menghubungi 0817084484008197594525. Tidak hanya materi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, tapi Anda juga akan mendapatkan cara-cara mudah menjamin kepuasan pelanggan. Hal ini telah dibuktikan langsung oleh klien seperti PT HM Sampoerna, Bank Permata, Carefour, Alfamart, Takaful hingga Axa.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>