Mengukur Kepuasan Pelanggan Restoran
14 December 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 853
Comments: 0

Mengukur Kepuasan Pelanggan Restoran

Tidak hanya perusahaan bahkan restoran juga harus mulai mengukur kepuasan pelanggan untuk kelangsungan bisnisnya. Kepuasan pelanggan erat hubungannya dengan apa yang dirasakan pelanggan setelah mendapatkan atau mengalami kerja dari restoran tersebut. Hal ini menjadi penting karena hidup mati perusahaan tergantung kepuasan pelanggan.

Mengukur Kepuasan Pelanggan Restoran

Mengukur Kepuasan Pelanggan Restoran

Kepuasan pelanggan tidak hanya mengenai apa yang dirasakan pelanggan. Kepuasan pelanggan juga mengenai timbal balik atau respon yang diberikan pelanggan pada yang diberikan restoran. Karena itu, untuk mengukur kepuasan pelanggan, Anda dapat melakukannya dengan cara-cara mudah berikut ini:

Keluhan atau saran

Semua bisnis baik perusahaan hingga restoran yang berorientasi pada pelanggan harus memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk memberikan timbal balik pada pelayanan yang diberikan. Timbal balik ini tidak hanya berupa pujian tapi juga mengenai kritik dan pendapat obyektif yang mereka berikan atas pelayanan restoran.

Baik keluhan, saran dan juga pendapat yang diberikan pelanggan harus difasilitasi dengan baik oleh restoran. Anda dapat membuat kotak saran yang dapat dijangkau dengan mudah oleh pelanggan. Semua informasi di kotak saran ini akan menjadi perbaikan sekaligus inovasi untuk restoran Anda. Sehingga kelangsungan bisnis restoran dapat terjaga.

Analisis kehilangan konsumen

Saat pelanggan mulai berkurang, Anda tentu akan merasakan penjualan tidak lagi ideal. Jika restoran Anda mengalami kehilangan pelanggan, segera lakukan analisis mengenai penyebabnya. Bila Anda memiliki data pelanggan, manfaatkan data untuk menghubungi pelanggan. Coba tanyakan langsung kepada pelanggan penyebabnya tidak lagi makan di restoran Anda.

Jika masalahnya ada pada menu restoran, Anda harus segera melakukan inovasi menu. Sementara jika masalahnya ada pada tempat makan yang lebih baik, Anda harus segera berbenah dan membuat restoran Anda sebaik restoran lainnya. Dengan melakukan analisis terus-menerus, Anda akan terhindar dari kehilangan konsumen.

Survei kepuasan pelanggan

Jangan berpikir bahwa perusahaan saja yang harus melakukan survei kepuasan pelanggan. Restoran Anda juga harus melakukannya untuk mendapatkan nilai terbaik dari pelanggan. Survei ini dapat Anda lakukan dengan wawancara atau kuisioner. Dapat juga melalui telepon hingga umpan balik yang dikirim melalui pos.

Survei kepuasan pelanggan ini bukan hanya dilakukan sekali melainkan harus dilakukan secara berkala. Survei kepuasan ini dilakukan dalam rangka memantau seberapa maksimal pelayanan yang Anda berikan. Selain itu survei ini untuk menjaga keberadaan pelanggan Anda untuk memastikan restoran Anda tetap berjalan dan menghasilkan keuntungan.

Cara paling tepat untuk mengukur kepuasan pelanggan harus ditentukan dengan tepat. Cara ini menunjukkan seberapa maksimal pelayanan yang Anda berikan. Untuk mengetahui cara mengukur kepuasan pelanggan, Anda dapat menghubungi 0817084484008197594525. Klien besar mereka seperti PT HM Sampoerna, Alfamart, Carefour hingga Bank Permata, Takaful dan Axa telah membuktikan langsung cara mengukur kepuasan pelanggan yang paling tepat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>