Mengukur Indeks Kepuasan Pelanggan
24 December 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 2,095
Comments: 0

Mengukur Indeks Kepuasan Pelanggan

Banyak yang mengaitkan indeks kepuasan pelanggan dengan rumusan yang sangat rumit. Padahal untuk menentukan indeks kepuasan pelanggan tidak selalu menggunakan rumusan atau formula yang snagat rumit. Anda bisa menggunakan beberapa cara sederhana untuk menentukan indeks kepuasan pelanggan ini. Sehingga Anda bisa mendapatkan hasilnya dan mengolahnya untuk kebutuhan pengembangan bisnis Anda.

indeks kepuasan pelanggan

indeks kepuasan pelanggan

Cara sederhana menentukan indeks kepuasan pelanggan dapat dilakukan dengan mengukur langsung jawaban pelanggan. Tentunya jawaban ini diberikan langsung kepada pelanggan baikmelalui wawancara atau survei. Dengan cara yang sederhana ini Anda dapat langsung menentukan indeks kepuasan pelanggan tanpa harus membuat dan menganalisa rumusan yang rumit.

Sensitivitas

Untuk menentukan indeks kepuasan pelanggan secara sederhana, Anda memerlukan skala yang digunakan untuk mengukur kepuasan pelanggan. Kriteria skala yang diperlukan harus memiliki sensitivitas pelanggan. Sehingga tingkat kepuasan pelanggan dapat diukur dengan sangat mudah. Tentunya dengan mengacu pada sensitivitas kepuasan pelanggan.

Biasanya skala yang paling sering digunakan dengan tingkat sensitivitas pelanggan paling sederhana adalah 4. Yakni tidak puas, agak puas, puas dan sangat puas. Skala ini dianggap mampu mewakili tingkat kepuasan pelanggan. Sehingga indeks kepuasan pelanggan dapat ditentukan tanpa harus melewati analisa menggunakan rumusan yang rumit.

Dengan kriteria sensitivitas ini, penggunaan skala kurang dari 4 sangat jarang digunakan. Bahkan dianggap tidak mewakili tingkat kepuasan konsumen. Skala kepuasan 2 yakni puas dan tidak puas dirasa tidak bisa mewakili tingkat kepuasan konsumen. Selain itu skala puas dan tidak puas ini juga kurang halus dalam menilai tingkat kepuasan konsumen.

Reliabilitas

Selain kriteria sensitivitas, untuk menentukan skala kepuasan pelanggan, Anda memerlukan kriteria reliabilitas atau dapat dipercaya. Anda tidak bisa menentukan indeks kepuasanpelanggan hanya dari beberapa skala kepuasan pelanggan. Anda memerlukan skala kepuasan yang lebih banyak sehingga indek kepuasan yang Anda tentukan dapat dipercaya.

Biasanya skala yang paling sering digunakan untuk menunjukkan reliabilitas adalah skala 5 dan 7. Skala 5 seringkali dianggap sebagai skala yang memiliki nilai reliabilitas paling tinggi. Skala 5 ini akan membagi tingkat kepuasan pelanggan ke dalam 5 kelompok pelanggan. Kelima pelanggan tersebut adalah pelanggan sangat tidak puas, tidak puas, netral, puas dan sangat puas.

Dari skala kepuasan pelanggan ini, Anda dapat menentukan indeks kepuasan pelanggan dengan mudah. Skala kepuasan 1 hingga 5 akan didapatkan nilai rata-rata sehingga dapat diambil sebagai indeks kepuasan konsumen. Biasanya perusahaan akan membuat nilai rata-rata ini menjadi persentase tingkat kepuasan. Sehingga lebih mudah dipahami oleh banyak pihak.

Meski tidak mudah, indeks kepuasan pelanggan harus ditentukan. Jika Anda kesulitan menentukan indeks kepuasan pelanggan, Anda dapat menghubungi 0817084484008197594525. Anda akan mendapatkan cara mudah menentukan indeks kepuasan pelanggan. Hal ini telah dibuktikan beberapa klien mereka seperti Bank Permata, PT HM Sampoerna, Carefour, Alfamart dan Takaful.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>