Mengenal Teknik Presentasi Ilmiah
22 May 2015
Category:
Blog
Communication
Sales Views: 1,130
Comments: 0

Mengenal Teknik Presentasi Ilmiah

Apakah Anda pernah mendengar kata-kata presentasi ilmiah? Mendengar dan melihat presentasi mungkin sudah bukan hal aneh, tetapi bagaimana dengan presentasi ilmiah? Ya, presentasi ilmiah adalah presentasi yang bertujuan untuk menyampaikan informasi-informasi ilmiah yang berdasar fakta-fakta dan teori yang telah diakui tentunya juga harus dengan menggunakan teknik presentasi ilmiah yang sangat baik dan benar. Berbeda dengan presentasi biasa yang tidak terlalu menomorsatukan teori akan hal-hal terkait.

Teknik Presentasi Ilmiah

Teknik Presentasi Ilmiah, image

Presentasi ilmiah banyak dilakukan oleh mahasiswa sebagai sosok yang intelektual sehingga diharapkan akan memberikan informasi yang nyata dan berguna untuk lingkungan disekitarnya. Meskipun presentasi ilmiah ini kesanya formal dan sedikit menegangkan tetapi tetap ada banyak kiat-kiat yang harus kita fahami agar teknik presentasi ilmiah menjadi lebih menarik dan menyenangkan tetapi tetap dalam suasana ilmiah. Bagaimana kiat-kiat dan teknik presentasi ilmiah yang benar itu? Simak pembahasan kami hanya di artikel ini.

Kiat-Kiat Presentasi Ilmiah

Tak jauh beda dengan presentasi biasanya, presentasi ilmiah mewajibkan kita untuk memapu membuat audiens tertarik dengan apa yang akan kita persentasikan. Karena rasanya akan sia-sia jika kita menjelaskan tentang sesuatu hal tetapi audiens sang target utama kita tidak tertarik dengan apa  yang kita bahas. Berikutnya, karena ini adalah presetasi ilmiah maka sebagai presentator kita wajib memastikan agar apa yang dibahas dalam ruang diskusi tetap dalam tema dan pokok masalah yang dibahas sehingga tidak melenceng kemana-mana. Dan yang terakhir adalah melakukan presentasi sesuai etika dalam melakukan presentasi ilmiah.

Etika Dalam Melakukan Presentasi Ilmiah

Etika dalam melakukan presentasi ilmiah adalah komponen penting dalam teknik presentasi ilmiah. Karena presentasi ilmiah akan dikatakan sukses dan benar jika presentator mengikuti aturan baku yang berlaku dalam presentasi ilmiah.

Teknik presentasi ilmiah yang pertama yaitu melengkapi sarana materi yang akan diberikan kepada audiens agar audiesn memahami seluruhnya apa yang kita faham. Caranya adalah dengan memberikan audiens salinan materi yang akan kita bahas atau hard copy dalam bentuk makalah maupun dalam bentuk slide power point. Pastikan semua peserta presentasi atau audiens dapat melihat apa bahan bahasan yang kita sajikan dan lakukan serangkaian teknik presentasi ilmiah sesuai aturan waktu yang berlaku. Manfaatkan jika masih ada sisa waktu dan jangan memperpanjang jika waktu presentasi memang telah berakhir.

Agar semua etika dalam melakukan presentasi ilmiah diatas terwujud dan terlaksan, presentator perlu sekali melakukan persiapan dan mematangkan kembali teknik presentasi ilmiah yang akan diterapkan. Karena presentasi ilmiah bukanlah presentasi biasa yang tidak terlalu menuntut kemampuan akademisi kita. Presentasi ilmiah adalah presentasi dikalangan para ilmuwan yang akan sangat sensitif dengan kesalahan kecil lebih-lebih kesalahan tersebut konyol dan tidak berilmu sama sekali.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>