Mengenal Pekerjaan Menjadi Sales Retail
5 March 2014
Category:
Blog
Sales
Training Views: 10,621
Comments: 0

Mengenal Pekerjaan Menjadi Sales Retail

Pernahkah anda mendengar tentang menjadi sales retail dan bagaimana pekerjaan tersebut, apakah sulit untuk bekerja menjadi sales retail?

Retail merupakan penjualan beberapa komoditas atau barang kepada konsumen. Pekerjaan ini akan mengarah secara langsung pada kemampuan pemasaran yang bertujuan untuk memuaskan konsumen terhadap barang atau jasa yang dijual perusahaan bersangkutan. Retail sering disebut sebagai penjualan eceran yang langsung pada konsumennya.

Bila anda adalah seorang sales retail maka pekerjaan ini dibedakan menjadi dua yaitu retail kecil dan retail besar. Retail kecil menggambarkan bahwa pemilik retail tersebut akan bertanggung jawab terhadap semua penjualan dan manajemennya.

Retail ini pun juga menyangkut retail besar yang dikuasai oleh suatu organisasi yang besar seperti supermarket, warehouse, departemen store maupun outlet dan online store. Seperti ketika seorang menjadi sales retail yang bekeja pada departemen store maka ini adalah retail besar yang menawarkan berbagai jenis barang pada tingkat harga tertentu.

Lalu bagaimanakah peluang menjadi  sales retail, apakah anda harus berjualan kesana-kemari untuk memasarkan produk? Menjadi sales apapun intinya harus berani dan bisa memasarkan produk, baik itu sales asuransi, sales retail, sales mobil dan sales lainnya. Menjadi sales retail harus memiliki berbagai informasi yang dibutuhkan untuk pemasaran produk tersebut. Seorang sales yang belum bisa memasarkan produk tentu tidak akan bisa mencapai target yang diinginkan.

Dalam penjualan retail maka perputaran arus barang dagangan dan uang akan berjalan dengan sangat cepat. Seorang sales retail harus mampu untuk mencatat , mengendalikan dan mengawasi perputaran barang. Pencatatan data sangat diperlukan setiap saat agar bisa membuat pelaporan yang akuran dan efisien.

Biasanya seorang yang bekerja sebagai sales retail adalah mereka yang memanfaatkan berbagai cara baik itu kemampuan mereka dalam menjual produk maupun teknologi yang digunakan. Sales retail akan bisa mencapai targetnya ketika dia bisa menentukan beberapa strategi atas penjualannya. Menjadi sales retail harus bisa meyakinkan calon pembelinya namun jangan pernah memaksakan kehendak pada calon konsumen.

Sales retail sama halnya dengan sales lainnya, kepercayaan diri, mental yang kuat dan sikap pantang menyerah harus dimiliki oleh seorang sales. Suatu produk tidak akan dikenal oleh konsumen bila mereka tidak mengetahui untuk apa produk tersebut.

Hal ini menjadi tugas bagi seorang sales retail untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat langsung dengan memberikan informasi tentang harga, dimana produk bisa didapatkan dan juga tentang keunggulan produk tersebut. Perusahaan yang memiliki beberapa sales retail ada baiknya semua sales mendapatkan training sales agar mereka bisa bekerja dengan maksimal.

Training untuk sales sangat baik agar mereka bisa bekerja dengan maksimal dan mencapai target yang diinginkan. Menjadi sales bukanlah hal yang sulit jika anda telah terlatih dengan pekerjaan tersebut.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>