Menciptakan Kenyamanan dalam Komunikasi
24 October 2012
Category:
Blog
Communication
Training Views: 4,289
Comments: 2

Menciptakan Kenyamanan dalam Komunikasi

Menciptakan Kenyamanan dalam Komunikasi

Apakah anda pernah merasa nyaman ketika berbicara dengan seseorang?

Anda mungkin berpikir demikian karena orang tersebut memang benar-benar cocok dengan anda. Kemungkinan terbesar lainnya karena mereka mampu merangkai kosa kata mereka dengan baik, serta dengan kejujuran yang luar biasa, ketika mereka berkomunikasi dengan anda. Timbullah rasa antusias anda yang begitu besar untuk mendengarkan setiap kalimat yang keluar dari lidah mereka.

Pastinya anda juga menginginkan hal tersebut terjadi dalam diri anda bukan?

Point terpenting yang membuat orang lain nyaman ketika berkomunikasi dengan anda adalah seperti yang ditulis Kevin Hogan dan Mary Lee LaBay dalam bukunya “Irresistible Attraction“ yaitu: “Buatlah orang lain tidak merasa salah. Bahkan ketika mereka keliru”. Contohnya ketika anda sedang berdiskusi dengan orang lain, anda sudah menjelaskan dengan baik maksud dan tujuan anda, tapi kenyataannya lawan bicara anda masih bingung dengan apa yang anda sampaikan.

Dalam keadaan seperti ini anda punya dua pilihan:

1. Dengan cara anda mengatakan seperti ini, “Saya tidak tahu mengapa anda tidak paham dengan maksud saya, sekarang saya akan coba menjelaskan dengan cara yang lebih mudah sehingga anda dapat mencerna maksud dan tujuan saya.“

2. Lain halnya ketika anda berbicara seperti ini, “Mohon maaf, mungkin saya tidak menjelaskan hal ini dengan baik, izinkan saya untuk memperjelas hal ini kembali.”

Hal yang akan terjadi pada point pertama yaitu :

Membuat lawan bicara anda merasa bodoh, tidak percaya diri,dan membuat mereka bingung.

Namun yang mungkin terjadi ketika anda berbicara seperti point yang kedua, yaitu:

Anda menghilangkan hambatan bagi diri anda untuk menjelaskan hal itu dengan cara yang tidak membingungkan lawan bicara anda. Selain itu anda telah membuat lawan bicara anda nyaman, percaya diri, dan merasa dihargai.

Mulailah memperbaiki cara anda berkomunikasi, jika anda mengutarakan suatu kalimat dengan menempatkan tanggung jawab dalam diri anda, itu berarti anda telah menanamkan rasa nyaman di hati mereka. Ingatlah, penilaian orang lain saat berkomunikasi dengan anda ketika anda mulai menghasilkan kata-kata yang telah anda pilih dan tujuan dibalik kata-kata tersebut.

Untuk itu anda harus selalu memperhatikan pilihan kata dan kalimat yang baik agar lawan bicara anda tidak merasa disalahkan dan merasa tidak nyaman ketika bersama anda.

Salah satu kunci lainnya adalah, mengetahui apa yang penting bagi lawan bicara anda, karena anda dapat mengetahui hal yang menurut mereka penting sehingga hal tersebut dapat di jadikan bahan pembicaraan serta membuat mereka merasa dihargai dan didahului kepentingannya.

Comments

comments

2 responses on “Menciptakan Kenyamanan dalam Komunikasi

  1. Santa Mars says:

    bagaimana caranya bisa lancar berkomunikasi lancar pak…?

  2. Faztrack says:

    komunikasi lancar dimulai dengan :
    1. Tentukan target yang diharapkan dari partner bicara. Misal : meyakinkan orang lain atau sekedar menginformasikan, jelas beda targetnya.

    2. Ucapkan setiap kata dengan jelas. Hindari kata jangan. Misal : jangan berisik, GANTi dengan mohon tenang dulu

    3. Gunakan intonasi yang variatif dalam berbicara. Hindari bicara dengan nada datar, coba naikkan volume atau rendahkan volume saat bicara.

    Coba 3 ini dulu ya…:)
    Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>