Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan
7 December 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 758
Comments: 0

Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan

memberikan pelayanan kepada pelanggan harus diterapkan seoptimal mungkin. Tujuannya adalah membangun kepercayaan dan ikatan emosional dengan para pelangggan. Ke depannya, tujuan tersebut akan berdampak besar pada kesuksesan perusahaan dengan setiap misi yang dijalaninya. Untuk memberikan pelayanan optimal, diperlukan sejumlah skill dasar yang wajib dikuasai.

memberikan pelayanan kepada pelanggan

memberikan pelayanan kepada pelanggan

Kemampuan Memberikan Pelayanan Optimal

Kemampuan memberikan pelayanan kepada pelanggan tak bisa dipelajari dalam waktu singkat. Prosesnya berlangsung dalam sejumlah tahapan pengalaman yang masing-masing harus dikembangkan secara profesional. Para karyawan yang dinaungi perusahaan itu pun wajib mengasah kemampuan mereka supaya target operasional perusahaan bisa dicapai secepatnya.

Praktik pelayanan optimal meliputi beberapa hal mendasar yang harus dikuasai oleh seorang karyawan. Contohnya bisa kita jumpai pada peran seorang Customer Service (CS) sebagai lini terdepan dalam menghadapi para pelanggan. Uniknya, kemampuan CS dalam menghadapi para pelanggan pun selalu menyesuaikan karakter dan bakat mereka.

Karakter kuat disertai bakat berkomunikasi dengan para pelanggan akan menciptakan iklim perusahaan yang dinamis. Bahkan, kemampuan seorang CS akan berbeda dengan CS yang lain. Meski dipraktikkan dalam konsep standar operasional, tetapi bersama karakter yang dimiliki, seorang CS bisa mengembangkannya berdasarkan bakat yang ia kuasai.

Target Operasional

Dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, pihak-pihak dalam perusahaan wajib untuk senantiasa mengikuti perkembangan terbaru di wilayah bisnis dan keterkaitannya dengan bidang masing-masing. Untuk itulah diperlukan rancangan target operasional yang harus dicapai dalam rentang waktu yang telah ditetapkan. Bagaimana caranya? Bisa dengan menyelenggarakan training.

Dewasa ini, program training perusahaan semakin berkembang. Macam-macam saja gagasan yang diwujudkan seperti pelatihan dan pembentukan karakter, praktik pemasaran digital, konsep-konsep mutakhir promosi, dan sebagainya. Semuanya mengerucut pada penerapan konsep service excellent dalam perusahaan. Itulah yang kelak berperan besar dalam menentukan keberhasilan perusahaan.

Service excellent dicapai dengan menetapkan target pelayanan kepada pelanggan. Bukan hanya secara konvensional, tetapi juga meliputi beragam praktik di ranah digital. Salah satunya ialah pengembangan website profesional yang difungsikan sebagai media utama perusahaan di dunia internet. Pengelolaan website profesional nantinya harus dipraktikkan secara optimal.

Optimalisasi website dengan tujuan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan diuraikan pada beberapa poin penting. Misalnya sistem navigasi website yang berkaitan dengan desain, layanan komunikasi dua puluh empa jam, pengajuan garansi, konsultasi produk, dan sebagainya. Sudah semestinya perusahaan membangun sebuah website yang dikonsepkan secara matang.

Kalau sudah berhasil membangun pondasi yang kuat di ranah digital, sebuah perusahaan hanya perlu menyesuaikannya dalam praktikoffline. Reputasi yang telah dibangun dari ruang maya pun berimbas pada kemampuan merambah pasar konvensional. Kepercayaan pasar pun akan semakin menguat dari tahun ke tahun akibat dari praktik positif memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>