Memahami karakteristik pelanggan dan cara pelayanan yang baik
13 October 2016
Category:
Blog
Service Excellence Views: 1,199
Comments: 0

Memahami karakteristik pelanggan dan cara pelayanan yang baik

Suatu perusahaan yang mampu memberikan pelayanan prima dan berkualitas tinggi kepada pelanggan akan mudah mendapat simpati dari para pelanggan. Apalagi jika mereka melakukannya secara konsisten dan selalu ditingkatkan maka perusahaan tidak akan pernah merasa direndahkan atau merasa dicemarkan reputasinya pada saat pelanggan mengkritik karena tidak puas dengan pelayanan perusahaan. Dengan hal ini tentu akan memberikan energi yang positif dan meningkatkan motivasi yang tinggi bagi perusahaan.

Perusahaan dengan pelayanan prima harus selalu mencari tahu tentang kekurangan dan kelemahan dalam pelayanan kepada pelanggan. Dengan cara menerima segala kritik dan saran dari pelanggan dengan sikap yang rendah hati. Dengan begitu anda bisa memperbaiki dan meningkatkan pelayanan agar pelanggan puas. Selain itu perusahaan yang baik juga selalu bersikap bijaksana dalam mengatasi setiap masalah dimana semua masalah baik besar atau kecil mampu mereka atasi dengan bijaksana.

Sikap bijaksana dalam menangani suatu masalah merupakan peluang untuk meraih reputasi yang baik dan kepercayaan dari pelanggan. Tapi sebaliknya jika perusahaan tidak mampu mengatasi masalah dan tutup telinga akan kritik dan saran dari pelanggan maka sudah bisa dipastikan perusahaan tidak akan bisa berkembang dan kinerja perusahaan akan mengalami penurunan. Akibatnya akan berimbas pada pelayanan yang diberikan tidak maksimal sehingga pelanggan merasa tidak puas.

10 sikap yang harus dimiliki okeh perusahaan yang baik

  • Rendah hati
  • Lapang dada
  • Tulus
  • Bertanggung jawab
  • Terbuka akan kritik dan saran
  • Responsif, agresif dan positif
  • Bijaksana
  • Tidak sombong dan professional
  • Tepat janji
  • Mampu berkomunikasi secara bijak, cerdas dan jelas

Sifat sifat diatas harus dimiliki oleh perusahaan yang baik guna pelayanan yang baik kepada para pelanggan. Pasalnya pelayanan prima dalam bisnis artinya menjalin hubungan yang berkualitas kepada pelanggan sehingga sangat penting dalam menjalin hubungan bisnis yang sempurna.

Berikut ini beberapa cara memahami karakteristik pelanggan dan cara pelayanan yang baik.

understanding-your-customer-contextMemiliki komitmen yang konsisten dan tepat janji agar pelanggan bisa bersikap loyal dan percaya dengan bisnis anda melalui moralitas dan etika pelayanan.

Memahami pikiran dan emosi para pelanggannya. Mengapa? Karena dengan memanfaatkan pikiran dan emosi pelanggan maka kita akan dapat memberikan kualitas dan pelayanan terbaik

Memahami kekuatan dan kelemahan dalam menjalin hubungan dengan para pelanggan. Hal ini sebagai bukti bahwa perusahaan bertindak secara professional untuk mewujudkan pelayanan yang prima dan responsif terhadal kritikan pelanggan yang merasa tidak puas.

Perusahaan dan karyawan harus memfokuskan diri untuk disiplin pelayanan agar sesuai dan sejalan dengan pikiran, kebutuhan dan emosional pelanggan. Dengan kata lain sebelum menyusun strategi penjualan anda harus mengkonsepkan gaya dan disiplin pelayanan.

Perusahaan yang baik dengan mengedepankan kualitas pelayanan yang prima maka akan mampu memenangkan hari pelanggan secara sempurna. Tapi jangan lupa perusahaan juga harus bertindak jujur, adil, tanggung jawab, tulus, responsif, peduli dan positif dalam pelayanannya agar bisa mendapatkan pelanggan yang loyal dan setia.

Dalam pelayanan yang baik wajib menggunakan ketrampilan pengetahuan dalam memahami pikiran dan isi hati para pelanggan. Mengingat setiap pelanggan memiliki karakteristik yang berbeda sehingga perusahaan harus mampu mengenali sikap dan watak para pelanggan dengan cerdas.

customer-service-2Pelayanan yang prima adalah pelayanan yang cepat dan tepat. Dalam hal ini makna cepat bukan berarti pelayanan dilakukan secara terburu buru melainkan cepat tanggap dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cara yang professional dan bijaksana.

Menyusun konsep pelayanan yang jelas dan bermutu tinggi. Ingat konsep pelayanan bukan sekedar membangun relasi atau berkomunikasi saja tapi juga harus mampu membujuk pelanggan agar percaya dengan produk kita.

Maka dari itu pastikan konsep pelayanan yang anda sampaikan sederhana, jelas, dan to the point. Jangan lupa, agar konsep pelayanan terdelivery dengan baik, perusahaan dan karyawan harus melakukan komunikasi yang cerdas dan totalitas bahasa tubuh. Sampaikan dengan bahasa tubuh yang menggambarkan ketulusan hati dan keikhlasan dalam memberikan segala kebaikan kepada para pelanggan. Dengan beberapa cara pelayanan baik diatas dipastikan akan mampu memenangkan hati pelanggan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>