Melaksanakan Standar Pelayanan Prima
31 August 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 694
Comments: 0

Melaksanakan Standar Pelayanan Prima

Standar pelayanan prima adalah sebuah syarat mutlak untuk bisa melakukan semua jenis pelayanan terbaik kepada pelanggan. Pelayanan prima merupakan sebuah sikap untuk bisa memberikan pelayanan yang paling baik untuk semua pelanggan.  Pelayanan ini harus dilakukan sesuai dengan standar yang berlaku dalam perusahaan atau lembaga pelayanan.

Pelayanan yang dilakukan sesuai dengan standar bisa memberikan rasa puas kepada semua pelanggan. Namun syarat utama dalam bisa memberikan pelayanan prima adalah dengan melakukan pelayanan sesuai dengan keinginan pelanggan dan bagaimana kualitas dari pelayanan tersebut. Semua orang yang terlibat dalam standar ini wajib untuk bisa memberikan pelayanan tanpa melihat siapa pelanggannya.

Melaksanakan Standar Pelayanan Prima

Melaksanakan Standar Pelayanan Prima

Efek Memakai Pelayanan Prima

Banyak lembaga atau perusahaan yang selalu ingin menerapkan pelayanan prima kepada pelanggan. Tapi tidak semua orang bisa melakukan hal ini. Perlunya sebuah lembaga atau perusahaan melakukan pelayanan prima adalah untuk meningkatkan standar perusahaan dan mencapai beberapa kemajuan yang sudah dibuat dalam rencana bisnis perusahaan. Bahkan lembaga pemerintahan juga bisa menerapkan ini.

Ada beberapa efek yang dihasilkan dalam mengembangkan pelayanan prima, yaitu harapan dan kepuasan pelanggan yang tercapai, pelanggan yang merasa sangat loyal dengan perusahaan hingga menjadi pelanggan tetap, rasa puas yang akan disebarkan dengan berbagai cara dan bisa membantu perusahaan dalam mendapatkan pelanggan baru. Efek ini bisa dirasakan oleh semua pihak dalam pelayanan prima.

Bagaimana Kualitas Pelayanan?

Rencana untuk memberikan pelayanan yang sesuai dengan standar memang harus dilakukan dengan berbagai langkah yang sesuai. Dengan tahap ini maka sebuah perusahan bisa memilih atau menetapkan kualitas pelayanan yang sudah diberikan. Dalam hal ini perusahaan bisa menentukan kualitas dari berbagai penilian seperti ketepatan waktu, ketepatan dalam pelayanan dan tanggungjawab pelayanan.

Bahkan ada berbagai jenis tahap yang harus dilewati perusahaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Misalnya adalah usaha untuk meningkatkan fasilitas kepada pelanggan dan berbagai cara untuk memenuhi semua jenis kebutuhan yang diinginkan oleh pelanggan.

Memahami Tujuan Pelayanan Prima

Ketika sebuah perusahaan atau lembaga baik dalam bidang produksi maupun jasa bisa menerapkan standar dalam memberikan pelayanan maka ada banyak tujuan yang bisa didapatkan. Pelayanan yang diberikan akan memberikan manfaat sesuai dengan jenis pelayanan. Misalnya adalah pelayan berupa produk maka bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan, pelayanan berupa fasilitas maka bisa mendapatkan kenyamanan.

Semua langkah yang dilakukan untuk mendapatkan tujuan sesuai keinginan perusahaan atau lembaga harus berdasarkan keinginan untuk memberikan pelayanan prima. Manfaat terbaik dari memberikan pelayanan prima adalah sebuah upaya yang bisa memberikan rasa puas dan nyaman kepada semua pelanggan. Tujuan dan manfaat dalam memberikan pelayanan harus sesuai dengan standar pelayanan prima.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>