MATERI Penting Dalam Training Sales Team
30 May 2015
Category:
Blog
Sales
Training Views: 1,275
Comments: 0

MATERI Penting Dalam Training Sales Team

Training Sales Team sangat penting bagi setiap perusahaan atau aktivitas bisnis. Sales team merupakan ujung tombak bisnis, sehingga cashflow perusahaan bisa mengalir. Karena sales team yang menghasilkan pendapatan atau profit dan menghidupi perusahaan.

Dengan meningkatkan kemampuan sales team melalui berbagai training, sebagai pertanda keseriusan dalam memajukan perusahaan dan meningkatkan angka penjualan semakin tinggi.

Jadi kalau sales team tidak pernah mengikuti pelatihan, maka kinerjanya sangat sulit ditingkatkan. Sehingga bisa saja perusahaan kehilangan banyak pelanggan dan angka penjualan. Meskipun produk bisnis tersebut sangat bagus.

Apalagi dengan persaingan bisnis yang sangat ketat dan konsumen sangat mudah menemukan produk pesaing, sekaligus membandingkannya. Kalau sebuah perusahaan tidak memiliki sales team yang terlatih dan handal, maka bisa menderita kerugian. Apa saja materi penting untuk menunjang kesuksesan sales team?

MATERI Penting Dalam Training Sales Team

MATERI Penting Dalam Training Sales Team

Product knowledge atau pengetahuan produk

Sales team harus memahami dengan baik, berhubungan dengan produk dan layanan yang ditawarkan perusahaan. Sehingga mereka harus terus meningkatkan pengetahuan, berkaitan dengan produk dan layanan yang dijual. Tak hanya fitur dan spesifikasi produk saja, tapi juga berbagai hal yang berhubungan dengan produk yang harus dikuasai dengan benar.

Tenaga sales seharusnya dapat berperan sebagai konsultan untuk semua pelanggannya. Memperdalam seluk beluk produk sangat penting untuk menunjang penjualan. Sekaligus menciptakan kepercayaan pelanggan. Inilah tahapan awal yang harus didapatkan dalam Training Sales Team.

Kebiasaan kerja atau work habit

Kebiasaan kerja yang baik harus bisa dijalankan dan dikembangkan dalam keseharian, terutama saat waktu bekerja. Karena work habit yang tepat akan menjadi kunci kesuksesan bagi sales team dan juga perusahaan. Beberapa contoh kebiasaan baik itu adalah mempunyai planning atau rencana kerja harian, mempunyai agenda kerja, menghubungi konsumen potensial setiap hari, bekerja dengan tekun selama jam kerja, mematuhi berbagai kebijakan perusahaan dan lain sebagainya.

Kemampuan menjual atau selling skills

Selling skills merupakan kemampuan tenaga sales ketika menjalankan proses penjualan. Karena keahlian dalam menjual bukanlah bakat bawaan lahir. Sehingga bisa dipelajari dan ditingkatkan pada setiap individu. Setelah itu bisa dipraktekkan untuk mengetahui tingkat efektifitasnya, sekaligus mengukur hasilnya.

Berbagai contoh dalam meningkatkan kemampuan menjual adalah cara berhadapan dengan konsumen, sales script, cara presentasi produk, cara menangani penolakan dari target pasar, cara closing penjualan yang tepat, cara menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan berbagai kemampuan lainnya.

Perilaku atau attitude

Attitide seorang tenaga penjualan sangat penting untuk diperhatikan, sehingga bisa melakukan proses penjualan dengan baik dan menghasilkan.  Seharusnya sebuah perusahaan menggelar Training Sales Team yang baik, guna mengatasi permasalahan berhubungan dengan perilaku para tenaga sales.

Dengan memiliki perilaku yang benar, maka sales team bisa melakukan penjualan dengan mudah dan benar. Attitide memang sangat penting dikuasai, karena bisa membedakan antara sales gagal dan sales sukses.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>