Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Sales Retail
26 February 2014
Category:
Blog
Sales
Training Views: 6,981
Comments: 0

Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Sales Retail

Manage-smartSetiap sales pasti memiliki kemampuan yang berbeda, mereka tidak langsung bisa menjadi seorang sales yang handal dan bisa menjual produk sesuai dengan target yang diharapkan perusahaan. Sales retail yang sering anda lihat di beberapa pasar misalnya, apakah mereka langsung menjadi sales yang hebat dan bisa menawarkan produk dengan lancar dihadapan konsumennya?

Mustahil bahwa seorang sales baru akan mencapai target penjualan yang besar bila mereka tidak terlatih atau memiliki pengalaman yang cukup sebagai sales. Bila perusahaan retail ingin memaksimalkan penjualan mereka, yang pertama diubah adalah tentang manajemen SDM perusahaan tersebut yang berkaitan dengan sales retail.

Manajemen Sumber Daya Manusia adalah bagian penting suatu perusahaan demikian juga dengan perusahaan retail. Saat ini banyak sekali perusahaan yang memiliki banyak sales, namun hanya beberapa sales saja yang mampu bekerja dengan baik, yang lainnya masih membutuhkan pelatihan dan pengembangan.

Melalui manajemen SDM perusahaan bisa lebih mudah mengawasi, membina dan mengembangkan potensi yang ada pada salesnya. Ketika seorang sales menawarkan produknya di hadapan umum maka mereka harus memiliki mental yang kuat dan memiliki produk knowledge yang baik. Karena itu manajemen SDM sangat diperlukan bagi semua perusahaan retail untuk meningkatkan pemasaran produk.

Berikut beberapa manfaat manajemen SDM untuk sales retail:

  • Pembentukan mental yang kuat
    Mental kuat seorang sales sangat diperlukan, bila mereka tidak memiliki mental kuat maka akan mudah baginya patah semangat saat menghadapi penolakan dari calon konsumen. Dengan mengatur sumber daya manusia yang ada, perusahaan akan memberikan pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan mental sales untuk lebih kuat dan pantang menyerah saat menawarkan produk kepada masyarakat.
  • Membentuk sales yang handal
    Sales yang handal, mampu menjual produk sesuai target bahkan melebihi target yang diharapkan perusahaan adalah sales idaman semua perusahaan. Untuk mendapatkan sales tersebut maka perusahaan bisa memaksimalkan manajemen SDM-nya secara berkelanjutan. Sekalipun seorang sales yang amsih baru dan tidak memiliki pengalaman apapun, dia tetap bisa menjadi sales yang handal ketika perusahaan mampu memberikan pelatihan atau training kepada mereka.
  • Meningkatkan penjualan produk
    Setiap perusahaan retail pasti menginginkan produknya bisa dijual lebih banyak,hal ini akan berpengaruh terhadap income yang didapatkan perusahaan tersebut. Agar bisa meningkatkan penjualan produknya maka perusahaan bisa mengatur manajemen SDM dengan tepat dan efektif.
  • Menguasai pasar
    Untuk bisa bersaing dengan perusahana retail lainnya, setiap perusahaan seharusnya bisa meningkatkan SDM dengan berbagai cara seperti halnya dengan memberikan training sales retail. Training tersebut sangat penting untuk membentuk jiwa sales yang handal, professional dan bisa bersaing dengan sales lainnya.

Begitu pentingnya manajemen sumber daya manusia bagi perusahaan retail dan juga untuk membentuk sales yang handal. Bukan hanya perusahaan retail saja namun semua perusahaan seharusnya bisa membentuk manajemen SDM yang handal untuk pencapaian target perusahaan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>