Langkah Sukses Dalam Training Customer Service
7 September 2016
Category:
Blog
Service Excellence Views: 561
Comments: 0

Langkah Sukses Dalam Training Customer Service

Pada suatu perusahaan yang menawarkan barang atau jasa, konsumen adalah orang-orang yang akan sangat menentukan keberlanjutan perusahaan tersebut di masa yang akan datang, sebab, apabila konsumen merasa puas dengan barang atau jasa yang ditawarkan kemudian juga merasa senang dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut, maka perusahaan tersebut akan semakin banyak mendapatkan keuntungan.

customer_satisfaction_croppedKonsumen yang merasa puas cenderung akan selalu memberikan komentar positif tentang perusahaan tersebut, sehingga dari konsumen yang satu akan segera merekomendasikan perusahaan tersebut ke calon konsumen selanjutnya.

Konsumen selanjutnya pun akan dengan mudah percaya, mengapa? Karena orang yang menginformasikan tersebut merupakan orang yang ia kenali.

Bagian perusahaan yang memiliki peran yang besar dalam membuat konsumen merasa senang adalah para pelayan konsumen atau yang dalam bahasa asingnya serin disebut sebagai customer service. Anda jangan meremehkan pekerjaan yang satu ini karena menarik hati puluhan ribu atau bahkan jutaan konsumen itu tidaklah mudah.

Selera orang dan perasaan setiap orang tentunya berbeda, maka dari itu tentunya dalam hal menanggapi seorang konsumen yang satu dengan yang lainnya tidak bisa disamakan. Oleh karena itulah dibutuhkan sebuah Training customer Service untuk para pelayan konsumen yang bekerja dalam suatu perusahaan. Ada beberapa hal yang perlu dipelajari dalam Training customer Service yaitu:

Etika dan Moral

UntitledPada saat Anda hendak bertemu dengan konsumen maka Anda harus menghormati konsumen karena konsumen adalah raja.

Maka dari itu pihak perusahaan yang memang ditugaskan secara langsung untuk menangani konsumen harus memiliki etika dan moral yang baik terhadap konsumennya.

Konsumen bebas mengutarakan perasaannya terhadap barang atau jasa yang ditawarkan kepada mereka, maka dari itu segala macam komplain dan ketidaksukaan konsumen ada baiknya didengarkan dengan penuh perhatian.

Pelayanan yang diberikan juga haruslah menjadi suatu pelayanan yang penuh dengan etika dan moral yang baik.Sehingga dengan demikian, saat konsumen bisa merasa terlayani dengan baik, maka ia akan merasa senang.

Pikiran dan Emosi

Stress ManPikiran dan emosi Anda sebagai pelayan konsumen harus sama dengan pikiran konsumen.

Artinya Anda harus bisa mengerti dengan baik apa yang konsumen sedang rasakan, sehingga Anda bisa memberikan solusi yang terbaik dan menyampaikan keluhan dari konsumen tersebut kepada pihak perusahaan.

Dengan pelayan konsumen yang bisa dengan mudah mengerti tentang pemikiran dan emosi dari konsumen maka konsumen akan merasa senang karena diberi dukungan oleh pihak perusahaan, meski pun mungkin belum tentu perusahaan bisa menuruti keinginan konsumen namun setidaknya perusahaan harus bersedia mendengarkan.

Maka dari itu pikiran dan emosi akan didalami pada saat Anda mengikuti Training customer Service.

Kekurangan dan Kelebihan

Kelebihan tentunya adalah suatu hal yang dibanggakan oleh perusahaan. Namun Anda juga jangan melupakan kekurangan, sebab dengan adanya kekurangan perusahaan maka Anda bisa mengetahui tentang apa yang harus diperbaiki oleh perusahaan tersebut. Maka dari itu meski kekurangan dan kelebihan itu berada di kutub yang berbeda namun jika Anda mengetahui bagaimana cara menanggulanginya maka Anda akan dapat mendapatkan dua sisi yang positif dari hal yang berlawanan tersebut.

Kekurangan tidak selalu merupakan hal yang buruk sebab dari kekurangan itulah kita bisa mempelajari apa yang belum maksimal di perusahaan dan kemudian berusaha untuk memperbaikinya agar menjadi semakin baik ke depannya. Itulah beberapa hal dalam Training customer Service yang penting Anda ketahui.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>