Kualitas Pelayanan
29 November 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 482
Comments: 0

Kualitas Pelayanan

kualitas pelayanan sebuah perusahaan akan menjamin suksesnya target operasional bisnis. Bisnis bukan sekadar transaksi jual beli yang selalu mengejar profit besar. Memang benar bahwa target utamanya adalah profit melimpah. Namun bagaimanakah tujuan itu bisa tercapai dengan baik dan benar? Salah satunya ialah peningkatan kualitas layanan oleh perusahaan yang memfasilitasinya.

kualitas pelayanan

kualitas pelayanan

Bukti Langsung

Kualitas pelayanan hanya bisa dibuktikan langsung secara kasat mata. Misalnya dengan menyediakan produk barang/jasa yang memang teruji kualitasnya dan dibuktikan langsung oleh konsumen. Perusahaan profesional wajib untuk selalu menyediakan produknya dalam kemasan yang bagus dan tidak mengecewakan. Pastinya, produk itu sangat memuaskan dan memenuhi harapan.

Bisa Diandalkan

Sebuah perusahaan harus bisa diandalkan dalam berbagai hal yang terkait dengan produknya. Contohnya adalah ketepatan waktu dalam mengirimkan barang jika transaksi dijalankan secara online. Tidak hanya urusan barang yang sampai pada waktunya, namun apakah kondisinya sesuai dengan yang telah dijanjikan sebelumnya kepada klien.

Sekali sebuah perusahaan tak mampu memberikan apa yang dijanjikan pada konsumen, reputasinya akan menurun drastis. Oleh sebab itu, jangan sekali-kali meremehkan kekuatan pasar yang selalu berpengaruh pada pembentukan kepuasan atas layanan perusahaan. Kepentingan sebuah perusahaan akan selalu bergantung pada sejauh mana mereka mampu memuaskan konsumen.

Tanggap dan Cepat

Perusahaan yang selalu tanggap dan cepat dalam merespons bentuk-bentuk komunikasi dari pelanggannya akan berpeluang besar dalam hal peningkatan kualitas. Terlebih lagi, era bisnis dewasa ini telah memanfaatkan beragam fasilitas komunikasi yang canggih sehingga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk berkomunikasi dengan para klien.

Konsekuensinya adalah kesiapan dan kematangan dari setiap elemen perusahaan untuk selalu bertindak kooperatif dan responsif pada klien. Bagian terdepan perusahaan yang ditempati oleh Customer Service memegang tanggung jawab tersebut. Tetapi setiap elemen di dalam perusahaan juga punya peran dan tanggung jawab yang masing-masing bermuara pada konsep service excellent.

Jaminan

Setiap klien butuh jaminan bahwa mereka akan mendapatkan apa yang mereka butuhkan selama menjalin kerjasama dengan sebuah perusahaan. Jika mereka membeli sebuah produk, mereka telah meyakininya sebagai bentuk layanan yang memang mereka cari selama ini. Jika ternyata tidak sesuai harapan atau kurang memuaskan, mereka bisa mengajukan keluhan.

Oleh karena itu, sebuah perusahaan wajib memberikan jaminan yang akan memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi klien mereka. Inilah strategi untuk membangun kepercayaan bagi para konsumen sehingga reputasi perusahaan pun terjaga dengan baik.

Untuk mencapai semua itu, sebuah perusahaan diharapkan mampu membangun sistem kerja yang lebih mantap dengan tujuan menciptakan kualitas pelayanan terbaik. Salah satu cara paling efektif ialah dengan menyelenggarakan program pelatihan rutin bagi setiap karyawan dan mengenalkan mereka tentang konsep service excellent. Ke depan, mereka seharusnya bisa mempraktikkannya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>