Konsistensi adalah Kunci Service Excellence
15 January 2014
Category:
Blog
Service Excellence
Training Views: 1,501
Comments: 0

Konsistensi adalah Kunci Service Excellence

Pelanggan adalah raja. Raja bisa kapan pun minta dilayani. Raja tidak peduli siang atau malam. Panas atau hujan. Selalu ingin dilayani.

Begitu juga pelanggan Anda. Yang mereka inginkan bukan saja pelayanan yang baik , melainkan pelayanan yang terus menerus baik.

Setiap hari , setiap saat, setiap mereka datang, dan di setiap lini yang mereka temui. Mungkin bukan hanya customer service. Mulai dari satpam, customer service atau siapa pun yang ditemui nya di perusahaan Anda.

Itu lah kenapa konsistensi menjadi kunci utama dalam melakukan service excellence.

brand-consistency
Saat ini, baik saja tidak cukup. Namun harus sempurna, dan kesempuan hanya didapatkan oleh layanan yang konsisten.

Bagaimana menjaga konsistensi dalam memberikan service excellence ?

1. Training berkala

Lakukan training berkala untuk setiap lini diperusahaan Anda. Training bisa dilakukan oleh vendor atau eksternal perusahaan atau pun dilakukan oleh internal manajamen perusahaan. Pastikan setiap staff di perusahaan Anda paham bagaimana cara melayani pelanggan dengan baik dan paham dengan detail produk/jasa yang Anda jual

2. Komunikasi yang baik

Tingkatkan kualitas komunikasi di dalam perusahaan Anda. Perbaiki alur prosedur komunikasi. Cari dimana sering terjadi miskomunikasi antara front office dan back office ? hal apa yang membuat sering terjadinya miskomunikasi antara finance dan marketing ? Catat potensi miskomunikasi dan jadikan itu sebagai PR buat manajemen.

3. Efesiensi Proses

Pelanggan tidak pernah menyukai sesuatu yang berbelit – belit. Anda juga kan ? pelanggan selalu ingin layanan yang mudah dan singkat. Ingat, pelanggan kita orang sibuk, mereka tidak punya waktu untuk urusan yang berbelit – belit. Perharikan betul proses pengajuan komplain di perusahaan Anda. Lakukan efisiensi dalam proses, sehingga memudahkan pelanggan.

4. Awasi Delivery

Over promise under delivery adalah musuh utama dalam memberikan service excellence. Apakah produk Anda diterima dengan baik oleh customer ? Apakah janji – janji marketing sesuai dengan apa yang diterima oleh pelanggan Anda ? terutama jika Anda bergerak di bidang jasa, Anda harus bertul punya alat ukur yang jelas, sehingga apa yang dijanjikan ( promise ) sama dengan yang diberikan ( delivery ).

Jika Anda melakukan 4 hal diatas secara berkala, maka pelanggan akan merasakan layanan yang konsisten dari bisnis Anda.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>