Kepuasan Pelanggan
28 November 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 760
Comments: 0

Kepuasan Pelanggan

kepuasan pelanggan ditentukan oleh seberapa tinggi tingkat penjualan produk barang/jasa serta rendahnya keluhan yang disampaikan pada pihak Customer Service. Cuma mengejar angka penjualan yang besar bisa menciptakan bumerang bagi perusahaan itu sendiri. Sebabnya adalah faktor kualitas yang cenderung terabaikan dan terkesan kurang peduli dengan peran CS.

kepuasan pelanggan

kepuasan pelanggan

Indikator Kepuasan Pelanggan

Tingkat kepuasan pelanggan bisa diketahui berdasarkan indikator-indikator tertentu selain besarnya angka penjualan. Antara lain ialah bisa digali lebih lanjut dari apa saja yang disampaikan kepada CS selain pertanyaan dan keluhan. Misalnya dengan menggunakan sistem rating pada setiap produk barang/jasa yang ditawarkan atau bisa dengan menyediakan kuisioner di website.

Sistem kuisioner dengan media website terbukti sangat efektif untuk mencari tahu sejauh mana para klien merasa puas pada sebuah produk. Tidak setiap konsumen memang mau atau berminat mengisi kuisioner tersebut. Namun dengan sistem website yang terintegrasi secara profesional, mekanisme pengisian kuisioner pun seharusnya bukan hal yang sulit untuk diwujudkan.

Tetapi kadang-kadang tampilan website yang sering diselipi oleh saran pengisian kuisioner bisa mengusik kenyamanan. Jadi, harus ditempuh cara lain yang lebih nyaman dan tidak terkesan membuang waktu bagi seorang klien selama mengakses website. Nah, setiap perusahaan punya trik untuk menjalankan mekanisme tersebut, caranya pun berbeda-beda sesuai kreativitas.

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Tidak mungkin sebuah perusahaan akan langsung merasa puas dengan hasil dari indikator-indikator yang ditemukan. Walau hasilnya sangat positif pun, target wajib ditingkatkan dalam rentang waktu yang telah ditentukan. Jadi, langkah paling utama ialah memaksimalkan kualitas perusahaan, baik dari produk yang ditawarkan sampai pada praktik customer service yang dijalankan.

Analisis dan Evaluasi

Sebuah perusahaan wajib menerapkan analisis dan evaluasi. Dua hal itu bisa dilakukan setiap bulan atau per tahun. Jika dirasa terlalu pendek jangka waktunya bisa dengan menjalankannya pada akhir tahun. Nantinya, evaluasi akan dilakukan demi mencari tahu strategi semacam apa yang wajib dijalankan untuk meraih profit lebih besar dan bagaimana cara mengembangkannya.

Belum tentu sebuah perusahaan besar akan meraih angka-angka memuaskan dari kumpulan indikator yang ditemukan. Tak jarang dalam kisaran beberapa bulan, target yang diharapkan tak kunjung tercapai. Maka dari itu, solusinya ialah dengan meningkatkan kualitas internal, yang artinya menjalankan program latihan intensif bagi setiap karyawan.

Program latihan itulah yang menargetkan service excellent sebagai tujuan utama demi meraih hasil lebih baik. Program ini bisa ditempuh dengan cara mendatangkan pihak dari luar untuk memberikan pelatihan intensif dan difasilitasi oleh perusahaan terkait. Namun jika sumber daya manusia dalam perusahaan dirasa cukup, program pelatihan itu bisa dilakukan secara internal.

Nah, demikianlah sejumlah hal yang wajib diketahui terkait kepuasan pelanggan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>