Kenapa Satpam Pun Perlu Tersenyum
16 October 2014
Category:
Blog
Service Excellence
Training Views: 1,831
Comments: 0

Kenapa Satpam Pun Perlu Tersenyum

Perasaan aman adalah kebutuhan mendasar bagi semua makhluk hidup. Hal itulah yang membuat satpam juga dibutuhkan untuk keamanan sebuah rumah. Satpam juga dapat dikatakan sebagai tuan rumah saat majikannya tidak ditempat. Pasalnya penjagaan seluruh hunian, baik itu didalam maupun luar adalah tanggung jawab petugas satpam.

Bahkan, seorang tamu pun juga perlu melapor ketika satpam berada dibalik pintu gerbang, tentu sudah jelas bukan betapa pentingnya satpam itu. Namun, apa jadinya bila satpam Anda tidak memiliki Service Excellence dari pelayanannya? Tentu tamu Anda akan merasa kecewa bukan atas perlakuannya tersebut. Sifat inilah yang terkadang membuat darah tinggi siapapun akan cepat naik. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa satpam juga perlu untuk belajar tersenyum.

Penting bagi tuan rumah untuk menerapkan Service Excellence bagi pegawainya, agar tamu Anda tak lekas berfikir negative dengan pegawai ataupun diri Anda.

Alasan Tersenyum Dalam Penerapan Service Exellence

Kenapa satpam pun penting untuk tersenyum? Pada momen ini Anda bisa bayangkan pada diri sendiri bila Anda yang menjadi tamu dan menghadapi satpam yang dengan wajah masamnya. Dapat dipastikan jika dalam hati tengah berkecamuk melihat tingkahnya, padahal sifat tersebut adalah bukti dari sifat professional mereka. Maka dari itu satpam memang sangat perlu dilatih Service Excellence supaya dapat bersikap seperti yang tuan mereka inginkan. Upaya ini biasanya diusahakan bagi tuan mereka yang juga mempunyai Service Excellence kepada semua rekan maupun orang yang mereka temui. Seseorang dapat melatih satpamnya ditempat pelatihan khusus Service Excellence ataupun dari diri Anda sendiri.

Berbagai Sifat Dalam Service Exellence

Service Excellence dapat diartikan sebagai pelayanan yang melampaui harapan atau standar customer. Seseorang yang memiliki sifat Service Excellence tentunya sudah mengetahui apa saja yang termasuk dalam kategori sifat tersebut. Contohnya adalah sebagai berikut :
• Penampilan diri
• Penguasaan masalah
• Kecepatan dan kesigapan
• Kemampuan dalam berbicara
• Tanggung jawab
• Empati
• Keramahan

Dengan demikian sifat Service Excellence adalah sebuah hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang, terutama satpam. Ada berbagai alasan yang mengharuskan mereka untuk mempunyai Service Excellence dalam tugasnya. Salah satu alasannya adalah karena mereka juga memiliki tugas menerima tamu sehingga karakter keramahan meskipun hanya senyuman sangat memiliki arti penting. Tak hanya ramah saja yang diperlukan, melainkan masih banyak sifat Service Excellence lainnya yang perlu untuk diketahui.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>