Ini Dia Alasan Betapa Pentingnya Service Excellence Di Sekolah !
8 March 2017
Category:
Blog
Service Excellence Views: 185
Comments: 0

Ini Dia Alasan Betapa Pentingnya Service Excellence Di Sekolah !

Kita tentu tahu, sekarang ini service excellence di sekolah masih sangat jarang dilakukan. Hal ini tentu karena kurangnya pemahaman pihak sekolah tentang service excellence di sekolah. Padahal penerapa service excellence di sekolah sangatlah penting. Terkait akan hal itu, sehingga banyak keluhan keluhan yang datang dari para wali murid yang diberikan kepada sekolah.

Seperti sikap pihak sekolah yang tidak transparan terhadap keuangan dan laporan belajar para murid yang sulit diketahui dan diakses secara jelas oleh orang tua. Tak hanya soal eksternal, persoalan internal sekolah seperti dalam pengurusan administrasi siswa juga terkadang masih di persulit oleh para wali murid (orang tua).

Berbagai keluhan yang dirasakan oleh para wali murid kepada sekolah ini tentu sangat disayangkan namun meskipun begitu masih jarang pihak sekolah yang langsung merespon keluhan dari para wali murid tersebut.

graduation2Nah Mengingat sekolah adalah suatu tempat fasilitas publik yang memang harus dilakukan untuk memberikan pelayanan yang prima dalam setiap kesempatan.

Itu artinya Sekolah mempunyai kewajiban untuk memberikan pelayanan yang terbaik tak hanya pelayanan pada proses belajar mengajar tapi juga pelayanan yang terbaik dengan menjalin hubungan yang baik dengan wali murid.

Kesimpulannya, Penerapan service excellence di sekolah adalah WAJIB karena memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah Service excellence di sekolah dapat Meningkatkan mutu lulusan sekolah yang berkualitas

Service excellence di sekolah seharusnya tidak hanya berkaitan dengan pelayanan sekolah kepada pihak eksternal sekolah seperti wali murid tapi juga harus diberikan kepada siswa yang disini berperan sebagai pelanggan utama. Itu artinya Kepuasan siswa menjadi kunci utama dalam menunjang keberhasilan proses belajar.

Sama halnya dengan penerapan service excellence di perusahaan, service excellence di sekolah juga harus melibatkan seluruh orang atau pihak yang berkaitan dengan sekolah baik faktor internal atau eksternal sekalipun dengan pemimpinnya.

Dengan keterkaitan semua pihak dalam sekolah sehingga akan mampu meningkatkan lulusan murid yang berkualitas.

2048Salah satu service excellence di sekolahn yang mempengaruhi kualitas lulusan yang terbaik adalah peran Guru.

Disini guru tidak hanya sekedar bertindak sebagai pelaku yang mengajarkan pengetahuan untuk memberikan kepintaran kepada murid muridnya, tapi guru di sekolah juga berperan sebagai orang tua di sekolah yang juga mengajarkan karakter yang baik kepada para muridnya.

Penerapan service excellence di sekolah kepada guru akan mencegah perbuatan keji oleh guru kepada murid atau sebaliknya tidak akan terjadi. Dengan kata lain, guru adalah panutan sekaligus contoh bagi siswa. Dimana contoh yang baik dari guru akan dicontoh baik pula oleh murid, dengan hal ini akan mampu menghasilkan tak hanya lulusan yang baik tapi juga karakter yang baik. Itu berarti kualitas guru yang baik akan sangat berpengaruh pada proses belajar mengajar yang diselenggarakan oleh sekolah.

Dalam meningkatkan kualitas guru, dalam hal ini pemerintah turut turun tangan, dimana pemerintah menyediakan pelatihan bagi para guru. Tak hanya itu pemerintah juga mengadakan sertifikasi guru demi mendapatkan guru yang bersertifikat dengan kualitas yang  terpercaya.

Princeton-UniversityNamun Program pemerintah ini haruslah didukung langsung oleh sekolah melalui penerapan service excellence di sekolah agar sertifikasi kualitas guru menjadi lebih akurat.

Service excellence di sekolah yang diberikan kepada siswa-siswi pada dasarnya bukan semata mata untuk mencari keuntungan, tapi juga memberikan pelayanan prima yang terbaik sesuai dengan kebutuhan para siswa-siswi.

Tujuan dari pada service excellence di sekolah yaitu memberikan pelayanan prima untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai kepuasan pelanggan. Kepuasan dari siswa yaitu mendapatkan pembelajaran yang dibutuhkan dengan nyaman dan santai. Maka dari itu disinilah peran Guru yang harus melaksanakan proses belajar mengajar dengan sangat menyenangkan supaya siswa bisa puas yang artinya siswa memahami apa yang dijelaskan oleh guru.

Kesimpulan disini penerapan service excellence di sekolah yang terbaik bertumpu pada guru. Dalam hal ini ke kreatifan guru sangat menunjang dalam  melakukan proses pembelajaran. Untuk itu guru harus merancang/merumuskan rencana pembelajaran dengan menerapkan metode belajar dan teknik pembelajaran yang baik

Intinya, gurulah yang harus tahu lebih jauh  tentang karakteristik masing-masing siswanya, sehingga proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>