Indikator Kepuasan Pelanggan
4 December 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 4,171
Comments: 0

Indikator Kepuasan Pelanggan

Pelanggan adalah raja sehingga harus dilayani dengan sebaik mungkin. Pastikan kepuasan pelangga selalu terjaga. Ketika pelanggan puas, maka pelaku bisnis akan merasakan untung. Mengetahui indikator kepuasan pelanggan penting.

Tujuannya untuk mengetahui apakah pelanggan merasa puas atau tidak terhadap produk dan pelayanan bisnis dari Anda. Sehingga sebagai pelaku bisnis, Anda dapat melakukan koreksi ketika pelanggan kurang puas. Ada lima buah indikator yang perlu Anda ukur dalam mengetahui kepuasaan pelanggan.

Indikator Kepuasan Pelanggan

Indikator Kepuasan Pelanggan

Indikator Kepuasan Pelanggan Secara Menyeluruh

Sebagai pelaku bisnis, Anda tidak boleh malu ataupun takut untuk bertanya langsung kepada pelanggan terhadap kepuasan mereka. Untuk mengetahui secara pasti, maka ketika ada pelanggan yang datang, tanyakan langsung tingkat kepuasaan mereka terhadap bisnis Anda.

Tanyakan kepada setiap pelanggan yang datang dan catat tingkat kepuasaan mereka. Ukurlah dari jawaban-jawaban tersebut. Seberapa tinggikah kepuasan mereka terhadap bisnis maupun produk bisnis Anda.

Indikator Kepuasaan Pelanggan Berdasarkan Dimensi Kunci

Berikan borang penilaian atau disebut juga dengan survey. Anda dapat melakukan survey acak guna mengetahui seberapa besar indikator kepuasan pelanggan. Berikan pertanyaan terkait bisnis Anda mulai dari pelayanan sampai dengan produk bisnis. mintalah pelanggan Anda untuk memberikan penilaian dari borang survey yang Anda berikan.

Indikator Kepuasaan Pelanggan Dalam Bentuk Harapan

Indikator kepuasan pelanggan tidak selalu diukur secara pasti, namun juga dapat dalam bentuk harapan. Ketahui seperti apa harapan pelanggan terhadap bisnis atau produk bisnis Anda. untuk mengetahuinya, Anda dapat memberikan borang kembali atau dengan menanyakan secara langsung.

Harapan pelanggan termasuk bagian yang harus pelaku bisnis ketahui. Dengan Anda mengetahui seperti apa harapan pelanggan, maka bisnis dapat lebih cepat untuk diperbaiki. Sehingga para pelanggan juga dapat lebih cepat terpuaskan dengan tercapainya harapan mereka pada pergerakan bisnis Anda.

Indikator Kepuasaan Pelanggan Terhadap Produk Bisnis Anda

Apakah pelanggan tersebut akan kembali membeli produk bisnis di tempat Anda? apakah pelanggan tersebut mampu memperoleh produk yang sesuai dengan keinginan mereka? Itu juga termasuk bagian dari penilaian indikator kepuasan pelanggan yang harus Anda ketahui.

Seberapa tingggikah keinginan pelanggan untuk kembali tertarik membeli di tempat Anda? pertanyaan tersebut harus terjawab dengan cepat. Sekali lagi, Anda perlu bertanya kepada pelanggan tersebut apakah mereka puas dengan produk tersebut dan suatu hari nanti akan kembali membeli di tempat Anda.

Indikator Kepuasaan Pelanggan Dalam Bentuk Rekomendasi

Ketahuilah seberapa tingginya keinginan pelanggan untuk secara suka rela memberikan rekomendasi terhadap produk bisnis Anda. Ketika seorang pelanggan puas, maka mereka biasanya akan secara suka rela menceritakan bisnis Anda kepada kerabat atau teman-temannya.

Lima buah indikator kepuasan pelanggan harus dipegang dan diketahui oleh para pelaku bisnis. Sangat penting mengetahui kepuasaan pelanggan. Sehingga Anda menjadi tahu bahwa bisnis yang dijalankan tersebut mampu mencapai target.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>