Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Komunikasi Menggunakan Telepon
16 August 2016
Category:
Blog
Communication
Service Excellence Views: 1,915
Comments: 0

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Komunikasi Menggunakan Telepon

Berbicara melalui telepon merupakan hal yang sangat umum dilakukan pada saat ini. pembicaraan melalui telepon memungkinkan siapa saja berbicara pada seseorang kapan saja dan dimana saja. Namun ada hal-hal yang sebaiknya anda perhatikan saat menelepon. Ada hal-hal tertentu yang harus anda lakukan dan ada pula hal-hal tertentu yang sebaiknya anda hindari.

Hal-hal yang sebaiknya anda hindari akan berdampak negatif pada hubungan anda dan lawan bicara anda. hal tersebut juga dapat berdampak pada kesehatan anda. anda sebaiknya mengetahui apa saja hal yang harus anda hindari tersebut. anda pasti tidak ingin hal itu terjadi bukan? apa sajakah hal-hal yang harus dihindari tersebut? simak penjelasannya di bawah ini.

1.  Menggunakan nada kasar

150129050017_silent_bank_624x351_thinkstock_nocreditMenggunakan nada kasar jelas akan menyinggung dan membuat percakapan menjadi tidak nyaman. Jika anda berbicara dengan nada yang demikian pada seseorang yang baru anda kenal maka hal ini akan berakibat fatal.

Terutama jika menelepon orang tersebut untuk tujuan bisnis. Kesepakatan bisnis anda akan gagal apabila anda berbicara menggunakan nada kasar pada calon rekan bisnis anda.

jika anda terbiasa berbicara kasar disebabkan bahasa pergaulan sehari-hari, anda bisa berlatih dengan orang terdekat anda untuk berbicara dengan nada yang ramah. Teman anda dapat memberikan saran-saran terkait nada bicara anda. hal ini merupakan pelatihan yang efektif untuk menghilangkan kebiasaan bicara anda yang tergolong kasar.

2. Mengucapkan kalimat yang menyinggung

Seseorang tentu memiliki permasalahan dan sensitif terhadap suatu topik tertentu. Mengucapkan aku mengangkat topik tersebut akan membuat lawan bicara anda tersinggung. Bersyukurah jika lawan anda adalah seorang pemaaf. Jika lawan bicara anda adalah seseorang yang emosional maka pembicaraan anda akan berubah menjadi sebuah pertengkaran. Hal ini sangat mendasar dalam ilmu psikologi. Jika anda diharuskan untuk menyinggung topik tersebut, usahaka memilih kata-kta terhalus yang dapat anda pikirkan.

Menggunakan kata halus dan sopan dapat menetralisir emosi dari lawan bicara saat menyinggung topik yang sensitif. Jika anda tidak terbiasa menggunakan kata-kata tersebut, anda dapat berlatih terlebih dahulu dengan merubah beberapa kata-kata kasar menjadi lebih halus. Dengan demikian anda tetap dapat menyampaikan maksud anda tanpa harus menyinggung perasaan lawan bicara anda.

3. Menelepon sambil memakan sesuatu

young-girl-speaking-phone-eating-apple-isolated-white-39848898Suara seseorang yang sedang mengunyah sesuatu dalam mulutnya akan terdengar dengan jelas, bahkan jika lewat telepon. Jika anda melakukan hal ini saat anda sedang menelepon, orang yang akan anda bicara akan tersinggung.

kesan meremehkan dan tidak serius akan tercermin jika anda melakukan hal ini. bayangkan saja apabila anda harus menerima telepon dari orang yang demikian. Apakah yang akan anda rasakan ?

Akan lebih baik bila anda menyelesaikan acara maka ada terlebih dahulu sebelum menelepon seseorang. Jika anda diharuskan menelepon orang tersebut saat itu juga, anda dapat menyelesaikan suapan terakhir anda dan meminum seteguk air putih. Setelah itu anda dapat menelepon orang tersebut.

4. Melakukan hal lain selain menelepon

Selain menciptakan kesan tidak serius, orang akan berasumsi bahwa anda tidak benar-benar menginginkan berbicara dengannya. Fokus anda terhadap permasalahan yang sedang dibicarakan juga akan pecah. Sehingga anda akan sering tidak menangkap alur pembicaraan dan poin-poin penting yang dibicarakan.

5. Menelepon saat berkendara

article-0-1859F6EF000005DC-51_634x418Menelepon saat berkendara seringkali dilakukan oleh banyak orang saat ini. menelepon saat berkendara sangat membahayakan keselamatan anda. fokus anda akan terpecah antara berkendara atau menelepon.

Saat anda berfokus pada telepon anda maka anda akan kehilangan fokus pada kedaraan anda. jika anda tidak berhati-hati anda akan menabrak sesuatu.

 

6. Menelepon saat hp di charge

Hp akan lebih panas jika digunakan saat dicharge. Radiasi yang keluar dari hp akan berbahaya bagi kesehatan anda. sangat tidak disarankan untuk menelepon saat hp sedang dicharge. Radisasi yang keluar dari hp akan langsung mengenai kepala anda, tempat otak anda berada. Jika sudah terpapar radiasi tesebut dalam waktu lama, akan berakibat fatal pada kesehatan anda. sebaiknya menghindari hal yang satu ini.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>