Hal-Hal yang Umum Dibahas di Training Frontliner
26 September 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 1,222
Comments: 0

Hal-Hal yang Umum Dibahas di Training Frontliner

Training frontliner merupakan kegiatan penting yang banyak dilakukan perusahaan guna membekali karyawannya, khususnya di bagian frontliner, dengan keterampilan yang memadai. Pelatihan tersebut biasanya diberikan pada karyawan baru ataupun yang sudah cukup lama untuk bisa berkembang lagi. Perkembangan tersebut terkait produktivitas kinerja, pemahaman mendalam terhadap frontliner hingga mengetahui cara menghadapi situasi tertentu, yang mungkin menimbulkan masalah dalam pekerjaannya. Adanya pelatihan untuk frontliner akan menciptakan pribadi-pribadi profesional. Jika para frontliner bekerja optimal tentu akan meningkatkan benefit perusahaan. Lalu hal-hal apa sajakah yang umumnya dibahas saat training frontliner? Untuk menjawabnya simak ulasan menarik di bawah ini:

training frontliner

training frontliner

1. Mengenal Diri Sendiri

Banyak pakar dan lembaga pelatihan menilai mengenal diri sendiri merupakan pondasi utama, untuk menjadi frontliner profesional yangberkualitas. Pekerjaan frontliner akan banyak berkutat dengan pelayanan. Bila ingin memberikan service terbaik tentu seseorang harustahu kenapa dirinya melakukan hal itu. Sebaik apapun frontliner menguasai teknik pelayanan akan sia-sia jika tak memiliki alasan kuat dari dalam diri sendiri. Mereka hanya akan mengerjakannya setengah hati dan terburuk bisa mempengaruhi kepuasan pelanggan. Itulah mengapa mengenal diri sendiri sangat penting dan jadi materi pertama di training frontliner. Untuk memberikan pelayanan terbaik tentuharus memiliki personal excellence terlebih dahulu. Dalam melayani frontliner itu menjual kebahagiaan. Jadi dirinya wajib menjaga kebahagiaan diri untuk bisa memberikan kebahagiaan pada pelanggan perusahaan.

2. Mengenal Pelanggan

Setelah cukup mengenal diri sendiri, para peserta training frontliner akan diajak mengenal dan memahami karakteristik pelanggan. Mulai dari cakupan pelayanan, jenis-jenis pelanggan dan standar dalam mmeberikan pelayanan prima. Dalam pokok pembahasan ini juga akan dibahas tentang penampilan, komunikasi efektif, dimensi kualitas pelayanan dan sebagainya. Peserta akan diajarkan bagaimana memberikan kesan pertama yang menggoda hingga membangun hubungan, agar pelanggan datang lagi dan setia. Kesan tersebut bisa diwujudkan lewat sikap dan tata bahasa. Trik-trik rahasia umumnya juga akan dibagikan pada peserta untuk jadi bekal usai menjalani pelatihan. Tak hanya itu, mereka yang mengikuti training frontliner umumnya juga akan membhas studi kasus terkait tipe-tipe pelanggan. Materi ini sangat berguna dalam menghadapi masalah seperti komplain pelanggan. Peserta akan diberitahu cara menjadikan komplain jadi peluang dan memenangkan kerjasama.

3. Pelayanan Prima

Para frontliner dituntut untuk selalu memberikan pelayanan prima dalam segala situasi dan kondisi. Meski sedang dalam masalah, frontliner pantang menunjukkannya ke pelanggan. Hal ini tentu tidak mudah jika belum tahu caranya. Dalam pelatihan yang berkualitas umumnya akan membekali para frontliner dengan manajemen emosi. Peserta akan diberitahu tips-tips jitu mengontrol diri dan selalu tampil prima di depan pelanggan. Tip, trik dan rahasia seputar pelayanan tersebut hanya akan didapat lewat training frontliner.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>