Hal-Hal Penting Menjadi Sales Retail
12 March 2014
Category:
Blog
Sales Views: 2,066
Comments: 0

Hal-Hal Penting Menjadi Sales Retail

prospekAnggapan orang tentang pekerjaan seorang sales yang dirasa kurang menjanjikan ternyata berangsur pudar dengan banyaknya orang yang sukses menjalankan pekerjaan ini. Sales bukanlah pekerjaan murahan namun pekerjaan ini bisa menjadikan seseorang jutawan bahkan menjadi milyarder dengan mudah.

Salah satu pekerjaan tersebut adalah sales retail, pekerjaan ini sangat mudah dijalankan dan hasilnya cukup menjanjikan. Retail adalah pemasaran yang dilakukan secara eceran untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan pemasaran ini langsung kepada konsumennya.

Jika anda menjadi sales retail maka anda akan berhubungan langsung dengan konsumen, mereka akan membeli produk anda secara langsung secara eceran. Sayangnya menjadi sales retail harus pandai menentukan strategi dan beberapa komponen lain yang dianggap penting untuk pemasaran.

Konsep penjualan eceran atau retail merupakan suatu manajemen dalam menentukan beberapa kebutuhan pasar yang lebih efektif dan efisien. Bila anda ingin menjadi seorang sales retail maka anda harus bisa menetapkan sasaran pasar yang diawali dengan penentuan segmentasi pasar yang bersangkutan. Berikut beberapa hal penting yang perlu anda ketahui dalam menjalankan retail:

  • Loyalitas konsumen
    Jika konsumen memiliki loyalitas yang tinggi terhadap produk yang anda jual maka mereka akan setia pada produk anda tersebut. Memiliki konsumen yang loyal berarti anda akan lebih mudah mendapatkan keuntungan dan mampu bertahan dari pesaing lainnya.
  • Manajemen SDM
    Manajemen SDM disini adalah diri anda sendiri, bagaimana anda bisa menjadikan diri anda sebagai seorang sales retail yang handal. Karena retail merupakan bisnis yang mengedepankan sumber daya manusia yang memiliki loyalitas kerja tinggi maka sebagai sales anda berperan penting untuk membangun loyalitas kepada konsumen terhadap produk yang dijual tersebut.
  • Sistem informasi dan distribusi
    Seorang sales retail harus memiliki sistem informasi dan distribusi yang baik terutama informasi tentang harga produk yang dijual. Anda bisa terus memenuhi semua kebutuhan konsumen dan memberikan mereka barang-barang yang lebih baik dengan harga yang bersaing dengan sales retail lainnya. Menjadi sales yang handal tentu bukan datang dalam waktu yang sekejab namun perlu latihan dan salah satunya adalah dengan memberikan distribusi produk dan informasi yang dibutuhkan konsumennya.
  • Barang-barang yang berbeda
    Jika anda ingin menarik perhatian banyak orang maka pilihlah produk yang berbeda atau unik. Anda bisa mengembangkan merek-merek yang berlabel atau merek toko. Barang-barang tersebut sangat unik karena hanya anda yang bisa memasarkannya. Dengan memilih barang-barang yang berbeda maka konsumen akan semakin tertarik dengan produk yang anda pasarkan tersebut.
  • Layanan terbaik untuk konsumen
    Memberikan layanan terbaik bagi konsumen adalah tugas anda karena semakin baik layanan yang diberikan semakin banyak pula konsumen yang anda dapatkan. Sales retail bisa memberikan layanan terbaik tersebut namun dibutuhkan waktu maupun usaha yang keras untuk membangun image positif pada konsumen.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>