Etika Service Excellence Di Rumah Sakit
23 November 2014
Category:
Blog
Service Excellence
Training Views: 1,079
Comments: 0

Etika Service Excellence Di Rumah Sakit

Bagi rumah sakit, memberikan pelayanan terbaik kepada customernya merupakan suatu kewajiban. Dengan meningkatnya jumlah rumah sakit swasta saat ini  maka  service excellence di rumah sakit  sangat dibutuhkan bahkan wajib jika RS  tidak ingin terkalahkan dengan RS lainnya.

Namun dalam ha ini  RS harus memiliki etika  tersendiri untuk memberikan pelayanan  yang optimal kepada customernya baik   pra maupun pasca pelayanan.  Service excellence yang diberikan RS  sangat penting untuk memberikan kesan  kepada  customer saat mereka berhubungan langsung dengan staff RS.  Salah satu hal yang harus diperhatikan  bagi RS untuk memberikan service excellence di rumah sakit adalah  etika  dalam memberikan pelayanan tersebut.

Etika pelayanan di RS memiliki dampak yang luar biasa bagi perkembangan  RS kedepannya, dengan demikian RS  harus  memberikan perhatian khusus dan juga pelatihan yang tepat kepada semua lini agar mereka bisa  mendukung  pelayanan yang diharapkan.  Etika merupakan tatacara, dengan demikian maka etika service excellence di rumah sakit merupakan tata cara RS tersebut dalam memberikan pelayanan  terbaik kepada  customernya agar mereka puas dan mau menggunakan jasa RS  kembali.

Etika Service Excellence Di Rumah Sakit

Etika Service Excellence Di Rumah Sakit

 

Berikut beberapa etika  dalam memberikan service excellence di rumah sakit:

  1. Penampilan

Penampilan harus diperhatikan bagi  semua staff, penampilan ini meliputi  cara  berpakaian, cara berbicara,  gerak-gerik  maupun sikap  dan perilaku yang dilakukan  semua staff. Dengan memperhatikan penampilan maka  diharapkan customer akan terkesan.

  1. Perilaku dan sikap

Banyak  staff RS terutama perawat yang kadang memiliki sikap dan perilaku kurang baik kepada customernya, seperti membentak, judes dan  acuh, padahal sikap mereka itu diperhatikan dan dinilai oleh customer. Dengan begitu untuk memberikan service excelllence di rumah sakit, sikap dan perilaku adalah etika yang tidak boleh ditinggalkan.

  1. Berbicara yang sopan

Bicara yang sopan dan baik kepada customer adalah etika service excellece yang  baik sehingga  membuat customer merasa dihargai dan dihormati. Staff harus berbicara dengan customer yang jelas dan singkat, jangan berbicara  yang  panjang lebar atau bertele-tele. Cara bicara ini juga  meliputi bagaimana  staff bertanya kepada customer atau pasien,  staff harus memiliki etika service excellence  di rumah sakit yang tepat sehingga bisa mengajukan pertanyaan yang tidak menyinggung bahkan menyakiti customernya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>