Etika Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan
29 August 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 1,674
Comments: 1

Etika Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan

Memberikan pelayanan kepada pelanggan menjadi salah satu aktifitas yang paling sering dilakukan antara sebuah perusahaan atau pemilik usaha kepada pelanggan. Pelayanan merupakan semua langkah atau gerakan yang bertujuan untuk melayani kebutuhan semua orang atau pelanggan yang membutuhkan. Pelayanan bersifat sangat luas mulai dari melakukan promosi dan memenuhi keinginan pelanggan.

Pelayanan memiliki beberapa sifat yaitu tidak bisa disentuh dan wujud dari sebuah pelayanan bisa berupa produk yang bisa dilihat maupun tidak. Pelayanan merupakan sebuah tindakan nyata yang benar-benar bisa dirasakan oleh pemberi dan penerima pelayanan. Semua kegiatan yang terdapat dalam aktifitas pelayanan tidak bisa dipisahkan dan memiliki hubungan yang sangat erat.

Etika Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan

Etika Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan

Tujuan Memberikan Pelayanan

Dalam sebuah perusahaan atau pemilik usaha baik berupa perdagangan, jasa maupun produksi selalu memiliki tujuan pelayanan yang sangat khas. Pelayanan ini akan memberikan dampak yang secara langsung diterima oleh pelanggan. Misalnya pemerintah memiliki pelanggan rakyatnya, maka rakyat mengharapkan dapat menerima pelayanan dengan sesuai keinginan.

Etika dalam memberikan pelayanan tidak bisa ditinggalkan oleh semua orang. Salah satu etika yang paling dijunjung tinggi adalah sebuah kalimat yang menegaskan untuk memberikan pelayanan terbaik. Pelayanan terbaik harus dilakukan sesuai dengan standar, bisa memuaskan orang yang menerima pelayanan dan memiliki manfaat yang sangat luas untuk pelanggan.

Apa Standar dalam Memberikan Pelayanan?

Semua cara untuk memberikan pelayanan harus sesuai dengan standar yang sudah dimiliki. Ada banyak standar yang bisa diterapkan oleh semua perusahaan, tapi standar ini memiliki tujuan yang sama yaitu pelayanan terbaik untuk pelanggan. Pelayanan harus diberikan untuk meningkatkan mutu pelayanan dengan berbagai skala. Mutu yang dilakukan bisa berdasarkan mutu produk atau jasa.

Standar wajib dilakukan oleh semua pihak yang bertanggungjawab dan kehilangan atau tidak memiliki standar dalam pelayanan bisa memiliki akibat yang sangat buruk. Tanpa standar maka pelayanan tidak bisa diberikan dengan baik. Misalnya jika sebuah toko tidak memiliki standar dalam pelayanan maka karyawan bisa dikatakan tidak bisa memberikan pelayanan berkualitas atau pelayanan prima.

Wujud Proses Pelayanan

Proses pelayanan merupakan sebuah tahap yang sangat penting dalam memberikan kepuasan kepada pelanggan. Semua pelanggan akan menunggu proses dan wajib melewati tahap ini. Semua perusahaan baik dalam bidang jasa maupun produksi akan menghadapi proses tersebut. Misalnya perusahaan produksi obat, maka akan melewati berbagai jenis pelayanan mulai dari produksi hingga sampai ke pelanggan.

Pelanan yang diberikan kepada pelanggan juga dapat berupa berbagai jenis fasilitas yang memuaskan. Fasilitas merupakan tahap yang bisa memudahkan semua pelanggan, misalnya jika Anda memiliki sebuah hotel maka bisa memberikan fasilitas beruga jaringan Wi-Fi gratis. Semua fasilitas ini bertujuan agar pelanggan merasa nyaman saat di hotel Anda. Tahap ini menjadi langkah penting dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Comments

comments

One response on “Etika Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan

  1. […] memberikan pelayanan kepada pelanggan adalah kewajiban bagi setiap instansi/perusahaan, sesuai pada posisi dan perannya. Praktiknya tidak sesederhana bertatap muka dengan seorang klien, melontarkan basa-basi, lalu melayani apa saja yang dibutuhkan oleh klien. Bahkan, hal-hal semacam itu sebenarnya tak perlu dibahas lagi karena sudah menjadi tuntutan kewajiban. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>