Empat Langkah Efektif Membangun Hubungan Yang Baik Dengan Konsumen
14 December 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 667
Comments: 0

Empat Langkah Efektif Membangun Hubungan Yang Baik Dengan Konsumen

Empat Langkah Efektif Membangun Hubungan Yang Baik Dengan Konsumen

Empat Langkah Efektif Membangun Hubungan Yang Baik Dengan Konsumen

Berprofesi di bidang marketing maupun penjualan, terkadang menuntut kita untuk selalu kreatif dan inovatif untuk bisa meyakinkan calon konsumen. Tak jarang sebagai pelaku pasar, kita perlu sedikit agresif untuk meyakinkan calon pelanggan. Namun, ada pula waktunya dimana kita harus rela mendengarkan para konsumen untuk mengetahui apa saja kebutuhan yang mereka cari.

Bila selama ini kita lebih dominan menggunakan strategi pemasaran yang terlalu agresif (satu arah), bisa jadi konsumen akan cepat bosan dengan penawaran yang kita sampaikan. Tidaklah heran bila sebagian konsumen lebih memilih menghindari para sales maupun pelaku pasar, karena mereka mulai jenuh dan kurang respect dengan penawaran yang disampaikan.

Oleh karena itu, sebelum Anda menawarkan sebuah produk atau jasa kepada calon konsumen, jadilah teman baik bagi mereka dan penuhi kebutuhan yang mereka perlukan. Lalu, bagaimana caranya membangun hubungan yang baik dengan para konsumen?

Berikut adalah beberapa tips pemasaran yang bisa dijalankan para pelaku pasar untuk mendekatkan diri mereka dengan para konsumen dan menjadikan Anda sebagai teman baik bagi konsumen.

Pertama

Membangun hubungan personal sebelum menyampaikan penawaran. Pada dasarnya setiap konsumen tidak ingin menjadi sasaran empuk bagi para pelaku pasar yang berusaha menjual produk maupun jasa. Mereka lebih senang dengan pelaku pasar yang benar-benar care dengan konsumennya dan memahami kebutuhan serta keinginan yang ingin mereka penuhi. Karena itu, ada baiknya bila Anda membangun hubungan baik dengan calon konsumen sebelum akhirnya menawarkan sebuah produk maupun jasa.

Kedua

Hindari kesan menceramahi konsumen. Sebagai pelaku pasar maupun pelaku usaha, sebaiknya Anda menghindari sedini mungkin strategi pemasaran yang menggunakan komunikasi satu arah. Anggaplah konsumen sebagai sahabat dekat Anda, dan jalin komunikasi hangat (dua arah) dengan mereka agar konsumen bisa tertarik dengan penawaran yang Anda sampaikan dan merasa dihargai sebagai salah satu teman baik Anda.

Ketiga

Jangan menonjolkan diri Anda dan menjatuhkan para pesaing. Ketika hendak menjual produk atau jasa, jangan pernah menonjolkan diri Anda dengan cara menjelekkan para pesaing yang ada. Meskipun strategi ini sering dijalankan para pelaku usaha, namun pada dasarnya para konsumen kurang menyukainya dan cenderung kurang percaya dengan kualitas produk yang ditawarkan.

Keempat

Tangani setiap komplain konsumen dengan baik. Sebagai teman yang baik bagi setiap konsumen Anda, ketika mendapati sebuah komplain sebaiknya hadapilah dengan kepala dingin dan jadilah solusi terbaik bagi permasalahan mereka. Selesaikan segera dengan cara yang terbaik, agar kekecewaan mereka bisa segera terobati dan tidak menimbulkan permasalahan baru bagi perusahaan yang Anda jalankan.

Setelah membahas beberapa tips tersebut, selanjutnya giliran Anda para pelaku pasar maupun pemilik bisnis untuk segera mengaplikasikannya dalam menghadapi pelanggan setiap harinya.

Selamat Mencoba..

 

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>