ELEMEN Penting Dalam Presentation Service Excellence
13 May 2015
Category:
Blog
Service Excellence
Training Views: 999
Comments: 0

ELEMEN Penting Dalam Presentation Service Excellence

Presentation Service Excellence adalah kemampuan yang harus dimiliki sebuah perusahaan. Pelatihan juga biasa digelar perusahaan untuk meningkatkan kemampuan dalam dunia pelayanan kepada pelanggan.

Termasuk dalam kemampuan menyampaikan presentasi. Sejumlah kemampuan yang harus dikuasai adalah negotiation skills, presentation skills, communication skills, interpersonal skills dan sebagainya untuk mendukung hard skill.

Presentation Service Excellence

Presentation Service Excellence, image

Pentingnya Service Excellence

Saat akan memberikan service excellence atau pelayanan prima, harus mengerti pengertian dan  juga aspek layanan pelanggan. Selain itu, memahami cara menjalin hubungan baik dengan pelanggan, memahami berbagai dasar kesuksesan pada layanan pelanggan, dan cara menangani keluhan.

Dengan begitu, bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan. Saat mengikuti pelatihan service excellence, biasanya akan sekaligus meningkatkan kemampuan membangun tim yang efektif. Sehingga sangat bermanfaat bagi sekelompok orang yang bekerja sama dengan tujuan sama.

Berbagai materi lain dalam Presentation Service Excellence yang harus dikuasai juga adalah presentation skill dan effective communication. Tujuan mengasah kemampuan ini adalah supaya memiliki kemampuan presentasi yang informatif, terstruktur, fokus, padat dan singkat. Termasuk dalam meningkatkan keyakinan diri, agar tercipta komunikasi yang efektif.

Cara membuat materi presentasi dan juga teknik berkomunikasi yang terstruktur sangat penting untuk dikuasai. Berbagai pengetahuan tersebut sangat penting untuk bisa diaplikasikan dalam bersosialisasi, menjalankan bisnis dan berkomunikasi dengan siapapun. Inilah pentingnya Presentation Service Excellence.

Elemen penting Service Excellence

Presentation Service Excellence kepada pelanggan harus menunjang setidaknya lima elemen penting. Sehingga pelayanan yang diberikan bisa lebih bermanfaat dan memuaskan bagi pelanggan. Apa saja elemen penting tersebut?

  • Reliabilitas. Pelayanan harus mampu memberikan segala yang dijanjikan dengan akurat dan handal. Sebagai contoh memberikan pelayanan seperti yang dicantumkan pada iklan produk. Untuk mendukung aspek ini perusahaan harus melakukan identifikasi kebutuhan pelanggan, pastikan hanya memberikan janji sesuai bukti yang diberikan dan memastikan produk dan layanan sesyai dengan janji.
  • Assurance. Aspek tersebut adalah kemampuan agar bisa memberikan  pelayanan yang bisa dipercaya pelanggan. Jadi harus memberikan layanan tepat dengan teknik komunikasi positif.
  • Tangibel. Aspek tersebut berhubungan dengan peralatan dan penampilan personal yang memberikan layanan. Tindakan yang tepat adalah menciptakan ruang kerja yang rapi, yang berhadapan langsung dengan pelanggan.
  • Empati. Aspek tersebut berhubungan dengan perhatian individu dan tingkat kepedulian untuk diberikan ke pelanggan. Strategi yang bisa diterapkan adalah mendengarkan keluhan pelanggan, menempatkan posisi pada diri pelanggan dan memberikan solusi terbaik kepada pelanggan.
  • Responsif. Aspek tersebut mencerminkan kemampuan dalam membantu para pelanggan. Sekaligus memberikan berbagai layanan dengan responsif atau cepat. Termasuk dalam memutuskan langkah tepat dengan cepat, agar bisa membantu pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya. Presentation Service Excellence akan memberikan pengetahuan mendalam terhadap bidang pelayanan pelanggan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>