Customer Service Rumah Sakit, Pentingkah ?
14 January 2015
Category:
Blog
Service Excellence
Training Views: 938
Comments: 0

Customer Service Rumah Sakit, Pentingkah ?

Pentingkah di Customer Service Rumah Sakit ?
Seberapa penting ?

Jika Anda sebagai jajaran manajemen Rumah Sakit, seberapa penting peran customer service di rumah sakit ?
Apa manfaat nya ketika customer service rumah sakit Anda memiliki performa yang bagus ?
Apakah berdampak positif untuk image rumah sakit Anda ? Apakah akan meningkatkan kepuasan pasien ?
Apakah akan meningkatkan kepuasan stake holder dari sisi omset ?

Mari kita bahas peran customer service secara umum terlebih dahulu di sebuah perusahaan.
Peran customer service dalam perusahaan yaitu :

1. Customer service membantu perusahaan untuk dapat mempertahankan custome mereka.

Pilihan yang banyak tersedia membuat pelanggan mudah berpindah ke penyedia layanan lainnya. Contoh Industri kartu seluler, bagaimana customer dapat berpindah menggunakan kartu seluler (provider) lain banyak terjadi akibar dari persaingan antar industri kartu seluler. Demikian pula dengan industri – industri lain seperti perbankan, penerbangan, otomotif dan lain – lain. Peran customer service akibatnya sangat penting dalam menanggulangi migrasi atau perpindahan customer.

2. Customer service membantu perusahaan dalam membentuk image yang baik di mata customer.

Seorang customer service harus mencerminkan nilai – nilai yang ingin ditampilkan oleh perusahaan dan menemui pelanggan yang complain, memberikan solusi permasalahan yang dihadapi customer. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan,customer service harus bisa menyampaikan kebutuhan dan keinginan customer kepada bagian lain diperusahaan.

Contohnya dalam perusahaan IT harus terlihat sebagai seorang yang pintar dan menguasai teknologi dan seorang customer service pada sebuah bank harus dapat menciptakan perasaan aman bagi seorang nasabah.
Jadi tidak hanya rapi dan menarik tetapi seorang customer service harus mampu mengkomunikasikan secara non verbal dan nilai – nilai yang ingin ditanamkan kepada customer.

Jadi pada intinya, tugas customer service adalah membina relationship dengan customer dan menyampaikan keinginan customer ke bagian lain di dalam perusahaan. Tujuannya adalah agar perusahaan dapat memberikan pelayanan yang sesuai denngan kebutuhan dan keinginan customer. Dengan demikian maka pelanggan akan puas dan senang berhubungan dengan perusahaan.

Nah kira – kira dalam sebuah rumah sakit, apa yang terjadi jika customer service nya tidak melakukan peranan dengan baik ?
resiko apa yang akan terjadi ?

Ketika pasien datang ke rumah sakit, pasti lah dalam kondisi tidak sehat atau sakit. Ketika seseorang sedang dalam keadaan fisik tidak sehat, maka jelas ada perasaan cemas. Atau mungkin perasaan khawatir atau kondisi psikologis lain yang tidak stabil secara emosional.
Terang saja, latar belakang ini membuat customer service di rumah sakit harus lebih ekstra hati – hati dalam memberikan pelayanan. Karena secara psikologi, keluarga pasien lebih sensitif. Sehingga perlu memberikan ekstra layanan yang lebih baik lagi terhadap keluarga pasien.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>