Cara Sederhana untuk Membuat Pelanggan Kembali
11 October 2016
Category:
Blog
Sales
Service Excellence Views: 652
Comments: 0

Cara Sederhana untuk Membuat Pelanggan Kembali

Tahun lalu, Candice Galek pemrakarsa dari perusahaan pakaian renang online “Bikini Luxe’, mulai menggunakan sebuah aplikasi untuk mengirim email otomatis untuk berterimakasih kepada pelanggan atas pembelian yang mereka lakukan. Yang mengejutkannya adalah, banyak sekali balasan yang datang.

“Para pelanggan kami memiliki respon yang luar biasa, membalas email dan berterimakasih kembali kepada kami”, kata Galek. Oleh karena inilah kemudian Galek memutuskan untuk membuat segala sesuatunya menjadi lebih jauh lagi dan mencoba untuk mengirim catatannya sendiri kepada kelompok kecil dari beberapa pelanggan. Hasilnya pun tak kalah mengejutkan. Lebih dari setengah pelanggannya kembali mengunjungi situsnya dan membeli kembali barang atau produk yang ada bahkan dalam kurung waktu satu tahun.

CEO-customer-serviceHal ini merupakan sebuah service excellence yang sangat cerdas. Kita semua tahu bahwa sebuah bisnis akan lebih mudah berkembang jika anda memiliki banyak pelanggan yang berkelanjutan atau pelanggan yang setia membeli barang beberapa kali di toko anda.

Namun tentu saja membuat pelangan memiliki loyalitas yang tinggi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.  Anda harus memiliki strategi marketing yang baik serta mengenali “kebiasaan’ dari para pelanggan anda.

Sebagai contohnya adalah jika anda memiliki usaha jasa antar makanan, maka anda harus mengetahui jenis makanan apa saja yang akan cocok untuk cuaca tertentu. Contoh mudahnya adalah, jika cuaca sedang panas maka anda tidak mungkin akan menawarkan segelas kopi panas bukan? Anda dapat melakukan monitoring pada cuaca lokal yang sedang terjadi. Selain itu, anda pun dapat melakukan strategi marketing dengan melakukan penawaran melalui email kepada para pelanggan.

Salah satu contoh nyata dari service excellence yang baik adalah seperti mengirimkan email yang menunjukkan rasa terimakasih kepada pelanggan seperti apa yang dilakukan Galek. Dalam mengirimkan email yang dapat berfungsi sebagai marketing ini pun ada beberapa hal yang dapat anda cantumkan agar email anda tersebut efektif dan membuat para pelanggan kembali.

Berikut ini ulasannya.

Beritahu Pelanggan Tentang Apa yang Mereka Lewatkan

1393443613-treat-well-5-keys-lasting-customer-serviceJangan lupa untuk memberitahu pelanggan mengenai alasan mengapa mereka membutuhkan pelayanan anda. Salah satu contohnya adalah seperti apa yang dilakukan oleh applikasi bacaan berita “Flipboard” yang mengirimkan email regular mengenai beberapa berita yang dimuat dalam platform mereka.

Hal ini pun terbukti efektif dan jumlah pelanggan mereka meningkat sebanyak dua kali, dari 42 juta pelangga hingga mencapai 85 juta pelangan.

 

Buatlah Sebuah Permainan

Poin ini merupakan hal yang sangat efektif untuk membuat pelanggan kembali membeli produk atau jasa yang anda tawarkan. Caranya adalah, setelah pelanggan melakukan pemesanan, mereka dapat memainkan sebuah game untuk memperoleh diskon tertentu. Buatlah sebuah peraturan atau ketentuan, misalnya saja pelanggan yang telah melakukan pemesanan sebanyak 5 kali dapat memperoleh hadiah khusus.

Membuat Sebuah Komunitas

haende_multikulti_1Membuat sebuah komunitas adalah salah service excellence atau pelayanan prima yang dapat anda lakukan. Hal ini dilakukan oleh sebuah situs untuk memotivasi orang untuk menurunkan berat badan.

Di komunitas ini, banyak orang yang saling membantu satu sama lain dan akhirnya merayakan keberhasilan mereka. Cara ini pun efektif dimana situs “DietBet” tersebut memiliki jumlah pengunjung yang meningkat sebanyak sekitar 35 – 40%.

Beberapa penjelasan diatas adalah cara yang sangat mudah untuk membuat para pelanggan kembali ke toko anda. kuncinya adalah berikanlah service excellence atau pelayanan yang prima dan program – program yang menarik dan innovative.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>