Cara Meningkatkan Percaya Diri Tim Sales
8 November 2017
Category:
Blog
Sales Views: 30
Comments: 0

Cara Meningkatkan Percaya Diri Tim Sales

Cara meningkatkan percaya diri tim sales penting untuk dilakukan karena tim sales merupakan salah satu ujung tombak suatu barang atau jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan laku sehingga keuntungan penjualan perusahaan akan semakin meningkat. Rasa percaya diri merupakan salah satu kunci keberhasilan seseorang dalam melakukan suatu hal, tak terkecuali dalam kegiatan jual beli.

141114-OSX860-669Seorang pekerja yang tak memiliki rasa percaya diri akan memberikan kesan bahwa ia tak menguasai tentang apa yang ia kerjakan sehingga seseorang yang akan menggunakan jasanya, merasa tidak yakin bahwa ia mampu melakukan pekerjaannya dengan baik.

Begitu pun dengan tim sales. Seorang sales yang memiliki tugas memasarkan suatu barang harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Dengan rasa percaya diri yang tinggi maka passion dan semangat kerja akan sendirinya muncul dalam setiap diri seseorang.

Seorang sales yang dalam pekerjaannya tak jarang mendapatkan penolakan dari konsumen tanpa disadari akan menurunkan rasa percaya diri mereka. Namun, dengan adanya penguatan, motivasi, dan penguatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan, maka sales akan menjadi bersemangat kembali.

PaperworkNamun cara memberikan sebuah motivasi kepada tim sales bukan perkara yang mudah. Pemberian motivasi yang kurang mengena tidak akan memberikan dampak apapun terhadap rasa percaya diri tim sales.

Lalu bagaimanakah cara meningkatkan percaya diri tim sales? Berikut penjelasannya.

Cara Meningkatkan Percaya Diri Tim Sales

  • Pelatihan. Pelatihan yang teratur yang diberikan kepada tim sales akan semakin memberikan pengetahuan dan keterampilan agar siap melakukan pekerjaan yang diberikan kepadanya. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang tinggi pada setiap sales, hal itu akan berdampak pada tingkat percaya diri mereka.
  • Motivasi. Selain pelatihan yang teratur, cara meningkatkan percaya diri tim sales lainnya yakni pemberian motivasi yang juga akan berdampak baik pada kepercayaan diri seorang sales. Motivasi yang diberikan akan masuk ke dalam alam bawah sadar mereka sehingga akan berdampak pada semangat kerja tim sales.
  • Melakukan pengukuran kemampuan. Pengukuran kemampuan sales dilakukan setelah dilakukan kegiatan pelatihan dan pemberian motivasi yang rutin. Pengukuran kemampuan ini merupakan cara meningkatkan percaya diri tim sales yang bisa dilakukan agar setiap sales mampu mencapai target penjualan. Apabila mereka belum mampu, maka bisa dilakukan langkah yang tepat agar mereka bisa memaksimalkan kemampuannya.
  • Bangga terhadap apapun yang telah diraih. Sebagai seorang pimpinan perusahaan, sudah tentu akan bangga apabila target penjualan dapat dicapai. Namun apabila belum bisa tercapai, maka seorang pimpinan tetap memberikan semangat dan penghargaan bagi setiap sales yang sudah berusaha di lapangan. Hal ini akan berdampak pada semangat kerja dan percaya diri tim sales.
  • Penguatan pada komunikasi. Cara meningkatkan percaya diri tim sales selanjutnya yakni penguatan komunikasi antara pimpinan dan tim sales. Hal ini dilakukan karena biasanya tim sales akan merasa segan dan malu apabila terdapat kendala di lapangan untuk mengkomunikasikannya dengan atasan. Apabila hal itu terjadi, maka hambatan di lapangan yang seharusnya dapat dipecahkan, karena terkendala komunikasi, maka hambatan tersebut akan menjadi semakin rumit.

Nah itulah ulasan mengenai bagaimana cara meningkatkan percaya diri tim sales yang bisa diterapkan dalam sebuah perusahaan. Dengan menerapkan cara meningkatkan percaya diri tim sales, maka diharapkan akan berdampak pada tercapainya target penjualan perusahaan sehingga perusahaan semakin berkembang.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>