Cara Meningkatkan Pelayanan Publik
14 October 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 1,954
Comments: 0

Cara Meningkatkan Pelayanan Publik

Meningkatkan Pelayanan Publik

Bagaimana strategi atau cara meningkatkan pelayanan publik? Pelayanan publik adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah beserta aparaturnya seperlu memberi kepuasan dan sekaligus meningkatkan mutu kehidupan masyarakat. Peningkatan mutu pelayanan itu pun mencakup cepat, tepat, aman, terjangkau, transparan, dan pasti.

Karena berupa bentuk tanggung jawab, maka sudah sepantasnya pelayanan publik dapat merangkul semua masyarakat yang membutuhkan. Adapun nilai yang paling penting yaitu masyarakat dapat mencicipi kepuasan layanan yang diberikan. Namun, pada kenyataannya kepuasan tersebut belum dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat. Hal ini terbukti dari banyaknya pengaduan.

Adapun di sisi lain masyarakat sebagai unsur utama juga belum melakukan pengontrolan secara efektif dan aktif. Oleh karena itu, dibutuhkan sejumlah strategi atau cara meningkatkan pelayanan publik sehingga tujuan pelayanan publik dapat tercapai dan terus ditingkatkan.

cara meningkatkan pelayanan publik

cara meningkatkan pelayanan publik

cara meningkatkan pelayanan publik

cara meningkatkan pelayanan publik

  • Peningkatan Kualitas Perilaku dan Profesionalisme

Peningkatan yang dimaksud adalah terkait kinerja aparat pemerintah. Cara ini merupakan salah satu cara efektif meningkatkan pelayanan publik. Pasalnya sejumlah keluhan dari masyarakat didapati menilai kurangnya sikap dan perilaku SDM aparat yang bekerja langsung berhadapan dengan masyarakat.

Rendahnya kinerja SDM aparat pun bisa berdampak pada diskriminasi pelayanan publik. Misalnya beberapa masyarakat ada yang menerima pelayanan secara maksimal, tetapi sebagian yang lain hanya mendapat pelayanan ala kadarnya. Inilah mengapa peningkatan SDM perlu diperhatikan dalam upaya meningkatkan pelayanan publik.

  • Kebijakan Pelayanan Publik yang Tidak Terlalu Prosedural

Cara meningkatkan pelayanan publik yaitu dengan menciptakan kebijakan yang tidak berbelit-belit terkait prosedural. Sehingga diharapkan dapat mendukung mutu pelayanan yang akuntabel, efektif, dan efisien. Kebijakan yang tidak terlalu prosedural itu pun sekiranya dapat mengubah citra pelayanan publik yang selama ini dikenal ribet, banyak aturan, dan boros waktu serta biaya.

  • Peningkatan Fasilitas Penunjang Pelayanan Publik

Selain dengan kedua cara di atas, sekiranya juga perlu diimbangi dengan peningkatan fasilitas penunjang pelayanan publik. Pasalnya tanpa fasilitas mumpuni dan lengkap dapat mengganggu proses pelayanan publik.

Seiring dengan perkembangan teknologi, maka sudah seharusnya kemajuan teknologi dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan publik. Adapun fasilitas yang dimaksud mencakup fasilitas fisik dan juga fasilitas non fisik.

Adanya sarana dan prasarana yang mendukung disertai 2 cara meningkatkan pelayanan publik di atas tentu dapat mempercepat peningkatan pelayanan publik. Sehingga masyarakat dapat merasakan kepuasan pelayanan publik sebagaimana mestinya.

Tetapi untuk bisa mewujudkannya pastilah harus didukung pula dengan alokasi dana yang mencukupi.  Dengan demikian, maka setiap hambatan yang mengganggu proses penyelenggaraan pelayanan publik dapat diatasi.

Catatan penting terakhir, pihak masyarakat juga sudah seharusnya melakukan pengontrolan secara aktif. Karena pengontrolan dari masyarakat sangat membantu upaya atau cara meningkatkan pelayanan publik.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>