Cara Meningkatkan Kualitas Office Boy ? Service Excellence untuk Office Boy !
7 March 2017
Category:
Blog
Service Excellence Views: 203
Comments: 0

Cara Meningkatkan Kualitas Office Boy ? Service Excellence untuk Office Boy !

Dalam sebuah perusahaan yang menerapkan service excellence di perusahaan guna mencapai kepuasan pelanggan tentunya dibutuhkan semua dukungan dari beberapa pihak yang terkait termasuk bawahan seperti office boy agar penerapan service excellence di perusahaan dapat berjalan lancar.

Service excellence adalah pengertian dari pelayanan yang prima, dimana pelayanan yang prima ini sangat diperlukan dalam suatu usaha ataupun kegiatan guna meningkatkan kepuasan pelanggan dan membuat pelanggan merasa nyaman. Seperti yang kita ketahui, sudah ada banyak artikel yang menerangkan tentang service excellence bagi suatu perusahaan atau organisasi seperti service excellence di restoran, service excellence di bank, service excellence di bandara, service excellence di rumah sakit, service excellence di sekolah, serbide excellence di hotel. service excellence di apotik, di toko bahkan service excellence di showroom.

bersihinNamun sayang masih sedikit artikel yang mengulas tentang service excellence secara individu. Maka dari itu kesempatan kali ini, saya akan membagikan tentang service excellence secara individu yakni service excellence untuk office boy.

Office boy adalah sebutan untuk karyawan bawahan yang tugasnya membersihkan dan melayani segala kebutuhan para karyawan atasannya atau mungkin pada service excellence di mall, tugas office boy adalah menjaga kebersihan dan keserasian pada mall.

Seperti yang kita ketahui melihat posisi pekerjaannya yang dibelakang sendiri, sering kali para pemimpin usaha yang menyepelekan kehadirannya, tapi faktanya kehadiran office boy sangatlah menunjang kepuasan pelanggan.

Mengapa demikian ? Kok bisa

Tidak percaya, anda bisa membuktikkannya dari kejadian kehidupan sehari hari. Seperti yang kita ketahui, tugas dari office boy diantaranya

  • Membersihkan ruangan
  • Mengepel ruangan
  • Menjaga kebersihan dan kerapihan ruangan
  • Membuang sampah
  • Mempersiapkan kebutuhan atas seperti minuman dan makanan
  • Menjadi pesuruh pada perkantoran/perusahaan

Jasa-Kebersihan-Cleaning-Services-Kantor-Apartemen-Housekeeping-Hotel-Rumah-SakitNah secara tidak sadar kehadiran office boy akan membuat suasana ruangan menjadi lebih nyaman dan bersih. Nah hal ini tentu menjadi keuntungan bagi perusahaan. Salah satunya dapat membuat pelanggan menjadi lebih nyaman dan senang berkunjung ke tempat usaha anda.

Jadi anda jangan menyepelekan tugas dari office boy ini. Bahkan bisa dibilang office boy menjadi pelengkap aset penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Yang mana tugas utama office boy adalah menjaga kebersihan dan kenyamanan, dan tugas ini menjadi salah satu tujuan service excellence di perusahaan. Untuk itu office boy juga perlu diajarkan dan diberikan pemahaman tentang service excellence untuk office boy.

Berikut beberapa service excellence untuk office boy yang bisa anda terapkan kepada seluruh karyawan office boy anda, antara lain :

  • Mengajarkan untuk selalu ramah kepada siapapun yang mereka temui.
  • Mengajarkan kepada office boy untuk selalu memberi sapaan dan santun kepada siapapun yang mereka temui tak hanya pemimpin tapi kepada pelanggan atau mungkin sesama karyawan.
  • Mengajarkan mereka tentang kedisplinan dan ketepatan kerja.
  • Mengajarkan mereka untuk selalu mengucapkan kata permisi ketika sedang bekerja dan akan menggangu orang lain. Seperti saat office boy akan mengepel lantai namun lantai tersebut sedang berdiri pelanggan, jadi office boy harus mengatakan kata “permisi” sebelum mereka kan mengepel. Hal ini merupakan tindakan sopan santun dan menghargai pelanggan.
  • Mengajarkan mereka selalu minta maaf bila mereka melakukan kesalahan.
  • Mengajarkan kepada office boy dalam bekerja haruslah teliti dan selalu menjaga keamanan orang lain saat bekerja. Seperti misalnya saat sedang mengepel agar pengunjung yang lewat atau orang lain lewat tidak kepleset harusnya office boy memberikan papan peringatan atau mengatakan peringatan setiap kali ada orang yang lewat.

Service excellence untuk office boy yang seperti ini haruslah diterapkan supaya anda bisa mendapatkan pekerja yang berkualitas yang mampu menunjang service excellence pada perusahaan anda. Terima kasih.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>