Cara Meningkatkan Komunikasi dengan Pelanggan
5 August 2016
Comments: 0

Cara Meningkatkan Komunikasi dengan Pelanggan

Pelanggan merupakan aset bagi sebuah bisnis atau perusahaan. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah cara berkomunikasi yang efektif dan efisien untuk dapat berkomunikasi dengan pelanggan. Maka dari itu, kuncinya adalah anda harus memiliki kemampuan yang kuat dan kreatif dalam berkomunikasi. Berikut ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan komunikasi antara anda dan pelanggan menurut Wason, seorang anggota dari Young Presidents Organization (YPO).

1. Coba Pahami Kebutuhan Pelanggan

smiling business man with tablet pad networkingUntuk membuat sebuah komunikasi yang berhasil, anda harus memiliki pemahaman yang baik. Anda harus melakukan identifikasi mengenai kebutuhan mereka, sehingga nantinya anda dapat memberikan solusi yang tepat.

Akan lebih baik pula jika anda menunjukkan rasa empati bagi pelanggan agar mereka merasa lebih nyaman karena mereka akan melihat anda sebagai sebuah individu yang benar benar perduli. Hal ini akan membuat pelanggan lebih senang bekerja sama dengan anda.

 

2. Berbicara dengan Bahasa Pelanggan

pretty young customer service at call centerTak bisa dipungkir, pada era global seperti sekarang ini kita tidak hanya dapat bergantung pada satu bahasa saja.

Bergantung hanya pada satu bahasa saja akan membuat bisnis anda jauh tertinggal oleh mereka yang menyadari pentingnya menggunakan banyak bahasa atau memiliki beberapa karyawan yang dapat memenuhi kebutuhan untuk dapat berkomuniasi dengan beragam bahasa yang berbeda.

Jika anda memiliki sebuah bisnis atau perusahaan, sebaiknya anda mempertimbangkan bahwa perusahaan harus memiliki karyawan yang dapat berbicara semua bahasa seperti yang dilakukan oleh Wason dimana perusahaanna dapat menghandle hingga 11 bahasa yang berbeda. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi karyawan untuk berinteraksi atau berkomunikasi dengan seluruh klien yang potensial. Sebuah manfaat yang baik pula bagi bisnis anda bukan?

3. Berkomunikasi secara Konstan

komunikasiiiCara Meningkatkan Komunikasi dengan Pelanggan yang selanjutnya adalah dengan melakukan komunikasi secara konstan dengan pelanggan anda. Anda harus tau bahwa tidak akan baik mengabaikan pelanggan dalam waktu yang lama.

Selain itu hal ini juga akan membuat pekerjaan anda menjadi lebih sulit dalam jangka panjang. Tentu saja anda tidak ingin hal ini terjadi bukan.

Bagi anda yang memiliki bisnis di bidang investasi, melakukan komunikasi secara konstan dengan pelanggan adalah cara yang sempurna untuk membuat pelanggan tetap terlibat serta berinvestasi secara emosi dan jangan lupa untuk tetap memberikan motivasi pada pelanggan.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk berkomunikasi dengan pelanggan anda dalam jangka waktu tertentu. Jangan membiarkan mereka merasa terabaikan dalam waktu yang lama.

4. Hibur Pelanggan

Cara selanjutnya adalah dengan menghibur para pelanggan atau entertain para pelanggan bisnis anda. di dunia dan zaman sekarang ini, orang orang banyak disuguhi dengan beragam informasi yang terkadang membingungkan. Selain itu, segala permasalahan dan kesulitan hidup juga akan membuat anda kesulitan untuk menarik perhatian para pelanggan. Solusinya? Menurut wason, akan lebih baik jika anda mencari cara yang menghibur atau lebih ringan untuk menyampaikan maksud anda kepada pelanggan.

Misalkan saja anda dapat memberikan penjelasan dengan cara yang menyenangkan dan contoh contoh yang mudah dimengerti dengan sedikit humor, atau mungkin anda dapat memberikan informasi kepada pelanggan dalam bentuk video yang lucu. Buatlah video animasi yang menyenangkan dengan durasi yang tidak terlalu lama. Hal ini akan membuat pelanggan lebih mudah untuk menangkap maksud anda dan mengingatnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>