Cara Mengukur Proses Penjualan Pada Toko Online
31 December 2016
Category:
Blog
Sales Views: 248
Comments: 0

Cara Mengukur Proses Penjualan Pada Toko Online

Perkembangan internet saat ini telah menimbulkan polemik besar dalam kehidupan di masyarakat, ada yang berdampak keuntungan ada pula yang mengalami kerugian, salah satu contoh yang berdampak keuntungan yaitu internet dimanfatkan untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan dengan melakukan pemasaran atau penjualan, karena melalui internet pemasaran dan penjualan bisa dijangkau dengan luas hingga ke berbagai Negara.

Pemasaran dan penjualan ini biasa dikenal dengan online shop yaitu usaha melalui website online yang menawarkan dan menjual suatu produk dan dapat melakukan transaksi secara online, atau E-commerce. Yaitu proses jual beli atau pertukaran produk atau jasa dan informasi melalui jaringan internet.yang meliputi penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui system elektronik seperti internet.(baca juga: Cara Memberikan Bonus Gratisan Pada Pengunjung Tanpa Rugi)

352811_belanja-online_663_382Dibandingkan dengan bisnis offline, bisnis online ini justru lebih banyak peminatnya karena dirasa lebih mudah dalam menjual dan menawarkan produk nya.

Tak hanya itu modal yang dibutuhkan cenderung lebih sedikit karena dalam pemasarannya lebih dominan pada internet, oleh sebab itu banyak orang di jaman sekarang yang tergiur untuk merambah ke bisnis secara online.

Bisnis online ini masih berhubungan dengan bisnis offline, tapi bisnis online merupakan perwujudan yang lebih baik dari bisnis offline karena lebih dirasa bisa menjangku lebih luas calon pembeli dibandingkan dengan bisnis offline. Tapi untuk bisa membuktikannya kita memerlukan beberapa tips – tips ampuh untuk membuat online shop yang dimiliki lebih menonjol.

Dalam menjalankan bisnis online untuk meningkatkan penjualan online tidak hanya mengandalkan dari promosi melalui media social saja tapi juga dengan melalui Search engine. Dimana Search engine merupakan harta yang paling luas dari semua media social bahkan jangkauannya melebihi media social. Maka dari itu janganlah berpikir kalau media social adalah satu – satunya yang efektif, namun sebenarnya yang lebih efektif dalam membantu penjualan online adalah dengan search engine. Dengan begitu jika anda ingin agar penjualan online anda semakin meningkat maka anda harus konsisten dalam mengoptimasi SEO.

xbisnis-online-jpg-pagespeed-ic-q5v28bbwn9Jika anda telah mampu mendulang banyak keuntungan dari penjualan pada toko online anda. Jangan lupa untuk melakukan penilaian dan pengukuran terhadap proses penjualan produk pada toko online anda.

Sebab hal ini akan sangat membantu anda dalam mengevaluasi kelebihan dan kekurangan apa saja pada toko online anda.

Melakukan evaluasi terhadap produktifitas penjualan akan membantu anda dalam meminimalisir kerugian yang mungkin saja akan terjadi di masa nanti. Untuk itu cara mencegahnya maka anda harus melakukan pengukuran proses penjualan toko online anda.(baca juga:Strategi Promosi Melalui Sosial Media)

berikut ini beberapa cara mengukur proses penjualan pada toko online

  • Melakukan rekapan terhadap pendapatan dan margin memang menjadi langkah dasar dalam proses pengukuran produktifitas penjualan, salah satunya anda bisa membuat laporan laba rugi. Laporan ini akan menunjukkan berapa besar keuntungan yang kita dapatkan  setiap hari, atau bulan atau bahkan per tahunnya.
  • Selanjutnya anda melakukan rekapan terhadap beban penjualan, dimana beban penjualan ini akan mengukur pendapatan perusahaan yang menunjukkan seberapa baik kuota dan pekerjaan yang telah kita lakukan selama penjualan ini. Apalagi bila dalam toko online atau usaha lainnya memiliki beberapa pemegang saham. Hal ini akan terlihat seberapa besar kekuatan biaya penjualan perusahaan dalam memberikan pendapatan masuk.
  • Performa Penjualan memiliki tujuan untuk melakukan indentifikasi naik turunnya kinerja dalam menjual barang. Agar tidak keblabasan menurun, anda bisa memberikan batasan tinggi rendah performa penjualan, standartnya sekitar 60% dari total kuota 95%, dan yang 5 persennya adalah pencapaian yang maksimal.
  • Pengumpulan data merupakan cara mengukur proses penjualan yang terakhir ini. Cara terakhir ini sangat berguna sekali dalam menganalisa performa kinerja penjualan dan mempertahankannya agar tetap akurat. Kita bisa mengumpulkan data data terkait penjualan usaha dari segala penjuru mulai dari bagian marketing, gudang, sales marketing, keuangan hingga pemimpin.

Itulah Cara Mengukur Proses Penjualan yang bisa anda terapkan pada toko online anda atau pada usaha anda. Semoga informasi ini bisa membantu anda dalam meningkatkan konversi penjualan toko online anda. GOOD LUCK.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>