Cara Menguasai Training Customer Service
13 September 2016
Category:
Blog
Service Excellence Views: 386
Comments: 0

Cara Menguasai Training Customer Service

Sebuah perusahaan sekecil apapun tidak akan berhasil apabila tidak bisa memenuhi kebutuhan dengan baik. Kebutuhan konsumen juga tidak akan terpenuhi hanya dengan perusahaan Anda menyediakan kebutuhan konsumen saja, namun kebutuhan konsumen yang diproduksi tentunya harus bisa sempurna sesuai keinginan konsumen.

Namun ada kalanya suatu produk itu tidak selalu bisa sempurna, karena pendapat masing-masing konsumen juga berbeda tentunya ada tanggapan yang berbeda tentang produk yang dikeluarkan oleh perusahaan. Semua tanggapan itu bukanlah tidak berarti justru jika perusahaan Anda ingin maju maka Anda harus mendengarkan semua tanggapan dari konsumen Anda tersebut.

Kalau pun Anda tidak bisa memenuhi semua tanggapan konsumen setidaknya konsumen bisa senang karena tanggapannya didengarkan oleh perusahaan, sehingga kemudian akan timbul sebuah kepercayaan di benak konsumen.

Kepercayaan adalah sesuatu yang tidak bisa dibuat, namun ketika kepercayaan itu sudah tumbuh maka pekerjaan Anda selanjutnya adalah memupuknya, sebab saat kepercayaan itu musnah maka jalan untuk mengembalikan kepercayaan itu akan jauh lebih susah daripada menumbuhkan kepercayaan dari awal.

Kepercayaan dari konsumen inilah yang wajib Anda dapatkan bagaimana pun juga caranya. Maka dari itu pihak perusahaan yang berhubungan langsung dengan konsumen harus memiliki dasar Training customer Service yang biasanya diberikan dalam setiap pelatihan khusus pelayanan publik dalam Training customer Service.

Terapkan Disiplin Pelayanan

customer-servicePerusahaan akan dapat berhasil apabila bisa mendapatkan kepercayaan dari konsumennya dan kemudian dapat menjaga kepercayaan tersebut dalam waktu yang lama.

Maka dari itu seharusnya sejak awal perusahaan harus menerapkan nilai-nilai pelayanan publik yang baik kepada karyawannya.

Hal ini jugalah yang selalu ditekankan kepada perusahaan, bahwa bukan saja karyawan yang menumbuhkan kepercayaan pelanggan namun pada awalnya perusahaan jugalah yang harus menumbuhkan visi dan misi yang baik pada benak karyawannya,sehingga pelayanan konsumen yang mengutamakan kepuasan pelanggan bisa diwujudkan.

Disiplin pelayanan tersebut bisa mendarah daging apabila memang sudah ditanamkan sejak awal pihak perusahaan kepada para karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.

Jangan Menentang Pelanggan

komplain-4-e1422169747706Konsumen sebagai pengguna dari produk yang diproduksi oleh perusahaan tentunya adalah pihak yang paling mengetahui baik dan buruknya produk yang ditawarkan tersebut.

Sehingga segala masukan yang diberikan oleh konsumen merupakan sebuah perbaikan bagi perusahaan ke depannya untuk menjadikan produk perusahaan menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.

Tanpa adanya keluhan dari pelanggan maka Anda tidak akan tahu bagian mana dari produk Anda yang mengalami kekurangan. Maka dari itu Anda jangan sampai menentang keinginan pelanggan apabila keinginan pelanggan memang benar dan menjadi salah satu masukan yang berguna bagi perbaikan produk perusahaan. Perusahaan memang harus fokus dalam menguasai Training customer Service sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik.

Pelayanan Cepat dan Tepat

Konsumen memang terkadang sangatlah tidak sabar. Namun akan menjadi poin tambahan bagi perusahaan Anda apabila bisa memberikan pelayanan yang cepat dan tepat sasaran. Maka dari itu sebaiknya layanan konsumen sebaiknya mudah diakses dan dihubungi serta selalu aktif, sehingga kapan saja konsumen merasa ingin memberikan sebagai macam masukan dan kritik maka pihak perusahaan bisa segera menanggapinya dengan cepat.

Ketika konsumen ditanggapi dengan cepat maka ia akan mengatakan kepada banyak orang tentang pelayanan yang dia dapatkan, terlepas dari kritikan yang hendak ia sampaikan. Bahkan dengan tanggapan yang cepat dari perusahaan bisa mengurangi kekesalan di pihak konsumen terhadap perusahaan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>