Cara Menghindari Rasa Takut Saat Presentasi ?
10 January 2017
Category:
Blog
Communication Views: 353
Comments: 0

Cara Menghindari Rasa Takut Saat Presentasi ?

Ketika Anda termasuk orang yang baru pertama kali melakukan presentasi didepan umum, perasaan gugup dan takut pasti muncul secara tidak langsung. Jika Anda tidak mampu mengatasinya, bukan tidak mungkin materi presentasi yang semula berkualitas berubah menjadi materi tidak menarik. Berikut adalah beberapa cara menghindari rasa takut saat presentasi yang bisa dipraktekkan.

Persiapan Materi dan Peraga

persiapan-presentasi-yang-baikKetika akan melakukan presentasi, persiapkan terlebih dahulu materi yang akan dibahas bersama peserta lain dalam presentasi tersebut.

Siapkan pula alat peraga yang memungkinkan Anda berkreasi dengan materi presentasi yang akan dibawakan.

Contohnya Anda bekerja di lingkungan periklanan, maka saat Anda diminta mempresentasikan desain iklan yang inovatif, Anda bisa membuat beberapa desain iklan menarik yang nantinya bisa ditawarkan pada klien.

Tampil rapi dan menarik

Saat akan tampil presentasi, pastikan mood Anda dalam kondisi istimewa. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memakai baju yang berwarna cerah dan menarik. Anda bisa meningkatkan rasa percaya diri dengan tampil rapi dan menggunakan parfum tubuh yang berbau lembut.

Berlatih didepan kaca dan audience kecil

rehearsal-225x300Agar Anda tidak gugup saat presentasi dilakukan, berlatihlah setidaknya seminggu sebelum hari presentasi didepan kaca atau didepan forum kecil yang terdiri dari teman dan keluarga.

Saat Anda memilih berlatih didepan forum kecil, mintalah teman atau keluarga memberikan kritik yang membangun dan saran untuk memperbaiki penampilan Anda.

 

 

Berdoa dan meditasi

Cara menghindari rasa takut saat presentasi berikutnya adalah dengan berdoa dan meditasi. Dengan berdoa, Anda memohon perlindungan dari Tuhan agar acara presentasi yang dilakukan berjalan lancar. Sebelum naik keatas panggung presentasi, tariklah nafas panjang dan hembuskan berulang kali untuk meningkatkan ketenangan diri.

Buat kata kunci presentasi

Untuk membuat agar presentasi yang dilakukan tidak membosankan dan terlihat menarik, buatlah catatan kecil tentang kata kunci pokok dari materi presentasi yang akan disampaikan. Sebagai contoh Anda ingin menyampaikan materi tentang penyakit diabetes, kata kunci yang bisa diambil umumnya akan terkait dengan definisi, contoh kasus diabetes, gejala, dan penyebab yang dihubungkan dengan studi kasus nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Istirahat cukup

men-good-sleepSaat Anda akan menyampaikan presentasi, usahakan untuk tidur cukup di malam sebelumnya.

Jangan memaksa diri Anda untuk bangun semalaman, karena hal tersebut hanya akan merusak daya konsentrasi Anda.

Pastikan juga Anda dalam kondisi yang nyaman dan tidak dehidrasi sebelum tidur.

Tersenyum

Munculkan perasaan positif dalam diri Anda dengan tersenyum. Cara ini akan membuat aliran darah wajah Anda menjadi lebih lancar dan rasa percaya diri semakin tinggi. Metode ini juga mampu membuat suasana ruang presentasi yang identik dengan ketegangan menjadi lebih tenang dan nyaman.

Beri standar pada diri Anda

Saat hendak melakukan presentasi, jangan mudah terpengaruh dengan kritik pedas dari orang lain. Anda bisa meningkatkan rasa percaya diri yang dimiliki dengan memberi standar pada diri Anda sendiri, mulai dari standar penampilan, nada suara, slide presentasi, dan lainnya.

Menatap mata peserta lain dalam presentasi

Saat menyampaikan materi presentasi, berikan perhatian pada para pendengar presentasi. Salah satu caranya adalah dengan menatap mata peserta lain yang ada dalam ruangan. Cara ini dapat membantu menekan stres saat Anda merasa kurang percaya diri berdiri sendirian di mimbar.

Tatapan mata yang Anda lakukan secara langsung pada peserta lain juga menunjukkan bahwa Anda merasa percaya diri dengan materi yang dibawakan. Semoga dengan berbagai cara menghindari rasa takut saat presentasi diatas, Anda bisa melakukan presentasi dengan lancar.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>