Cara Mengembangkan Pelayanan Yang Baik Dalam Dunia Bisnis
8 January 2017
Category:
Blog
Service Excellence Views: 214
Comments: 0

Cara Mengembangkan Pelayanan Yang Baik Dalam Dunia Bisnis

Dalam dunia bisnis, masih banyak penjual yang memperlakukan konsumen layaknya seorang raja. Selain bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan para pelanggan, pola layanan tersebut berfungsi sebagai metode branding produk jangka panjang. Berikut adalah beberapa cara mengembangkan pelayanan yang baik dalam dunia bisnis offline maupun online.

Membuat forum diskusi

batasan-diskusi-tabu-di-forum-kampus-j9vvqaewqzSaat Anda membuat model bisnis online dengan menggunakan website, buatlah forum diskusi yang membahas produk Anda.

sebagai awal permulaan, Anda bisa meminta bantuan pada seorang walker blogger untuk membuat ulasan produk secara positif dan menarik rasa penasaran pengunjung lain dengan membuat pertanyaan-pertanyaan pembanding.

Untuk membuat forum diskusi benar-benar bermanfaat, pastikan Anda memperbarui ulasan yang ada didalamnya paling tidak sehari sekali.

Menambah layanan bisnis

Ketika Anda membuat bisnis secara online, pastikan Anda menambah layanan yang ada didalam website, seperti model transaksi menggunakan cicilan kartu kredit atau lainnya.

Hal yang sama juga bisa dilakukan untuk model offline, dimana Anda bisa menambah layanan dalam bentuk promo diskon, pengiriman gratis untuk kuota pembelian dalam jumlah tertentu, maupun penawaran lainnya. Tambahan layanan yang Anda berikan akan membuat produk yang Anda tawarkan pada konsumen makin diminati dan berkembang.

Inovasi produk

2015_mar_produk_innovatifJika Anda ingin layanan yang diberikan pada konsumen makin sempurna, berikan inovasi produk yang sesuai dengan visi misi usaha Anda.

Misalnya saat Anda memiliki usaha di bidang makanan kering dengan satu rasa saja, untuk pengembangan pelayanan, Anda bisa melakukan inovasi dengan menambahkan bumbu rasa lainnya.

dengan meningkatkan inovasi produk, secara tidak langsung Anda mengembangkan kemampuan untuk melayani konsumen yang umumnya memiliki kesukaan beragam.

Program bonus atau promo

Ketika seorang pebisnis ingin meningkatkan penjualan produk yang dimiliki, salah satu cara yang akan dilakukan adalah dengan menggelar promosi. Terkait hal ini, salah satu cara mengembangkan pelayanan yang baik adalah memberi program bonus yang benar-benar bermanfaat dan dapat dijalankan dalam jangka waktu tertentu.

Sebagai contoh saat ada seseorang yang membuka bisnis rumah makan, salah satu promo peningkatan layanan yang bisa dilakukan adalah memberikan potongan harga untuk menu andalan dalam jangka waktu tertentu.

Gunakan lebih dari satu media komunikasi

user_interfaceUntuk meningkatkan pelayanan pada konsumen, gunakan lebih dari satu jenis sosial media yang bisa digunakan secara bergantian namun saling berkaitan.

Dengan begitu, Anda bisa menjangkau beragam konsumen dengan beragam media sosial yang lebih disukainya. Namun demikian, dalam pengelolaan media sosial,

Anda perlu bijaksana agar tidak terlihat seperti sedang melakukan black campaign yang menjatuhkan produk lain di bidang serupa.

Lengkapi metode transaksi

Pada saat Anda membuka bisnis baik secara online maupun offline, akan lebih baik jika Anda melengkapi metode transaksi yang sudah dipakai sebelumnya. Misalnya saja untuk metode online, jika awalnya Anda hanya melayani pembayaran via transfer atm dan bank, Anda bisa meningkatkan pelayanan dengan melayani pembayaran sistem kredit maupun cod (cash on delivery).

Hal yang sama juga bisa Anda lakukan untuk metode offline yang awalnya hanya melayani metode bayar tunai ditempat bisa dilengkapi dengan metode bayar di lokasi konsumen (cod).

Mendengar keluhan pelanggan

menanggapi-komplain-konsumenUntuk meningkatkan pelayanan, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan mendengarkan keluhan pelanggan dan menanggapinya dengan sistem garansi atau sistem lain yang pastinya tidak membuat konsumen merasa kecewa.

Semoga beragam cara mengembangkan pelayanan yang baik diatas dapat membantu Anda untuk menjadi seorang pebisnis yang baik.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>