Cara Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri Saat Akan Presentasi
24 January 2017
Category:
Blog
Communication
Sales Views: 264
Comments: 0

Cara Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri Saat Akan Presentasi

Apakah Anda sampai saat ini masih merasakan cemas saat akan memulai presentasi di depan umum. Apakah sampai saat ini anda masih tidak dapat menghilangkan rasa cemas dan tidak percaya diri saat akan presentasi, meskipun anda sudah cukup sering melakukan presentasi. Mau tahu apa penyebabnya?

Hal ini dikarenakan anda masih belum memahami betul dengan tips dan trick sebelum memulai presentasi. Anda hanya sekedar siap dengan materi saja tapi tidak untuk mental nya. Meskipun anda terkadang percaya diri, hal ini karena anda presentasi dalam area anda, tapi bila diluar area anda tentu rasa cemas dan tidak percaya diri akan terulang kembali.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri Saat Akan Presentasi. Yuk simak :

Handsome man sitting and reading in libraryHal pertama yang harus anda tekuni dan persiapkan dengan matang saat akan presentasi yakni kuasai materi dengan baik. Meski tidak membuat anda menjadi lebih percaya diri tapi setidaknya bisa mengatasi rasa cemas anda.

untuk pemahaman materi dengan baik bisa membantu anda presentasi dengan lancar. Pastikan anda menguasainya 100%. Selain materi anda sendiri, anda juga harus siap dengan materi yang mungkin akan datang dari pertanyaan audience seputar materi yang anda sampaikan.

ANDA HARUS TAHU….!!! Sepintar pintarnya orang, sebaik baiknya presenter di TV, mereka semua tekun akan melakukan segala persiapan dengan baik. Sebelum tampil mereka juga akan melakukan pemanasan dan berlatih maksimal. Tujuan dari latihan ini adalah untuk memperkuat rasa percaya diri.

Persiapan yang baik sangat berdampak baik dapat mengatasi rasa cemas yang akan muncul menjelang presentasi. Terutama saat pertama kali masuk ruangan dan berdiri di hadapan banyak audiens. Menurut survey, Persiapan dan latihan yang matang dan baik mampu mengurangi rasa cemas sekitar 75%. Anda juga bisa melakukan Teknik pernapasan untuk membantu meningkatkan rasa percaya diri anda.

hipwee-p8Selain berlatih fisik dan materi, anda juga perlu berlatih mental. Jika anda mau sukses dengan presentasi anda, maka anda harus mencoba selalu berpikir positif, katakanlah pada diri anda ” AKU BISA, AKU BISA, AKU PASTI BISA, AKU SUKSES” kata kata seperti ini sangat mampu memberikan energi positif untuk diri anda.

Tapi cara ini sulit ?

Dikatakan sulit, karena ANDA BELUM MENCOBA. sebenarnya jika anda berani mencoba hal ini tentu akan mudah anda lakukan. Hanya butuh ketenangan dan pikiran yang positif.

Karena presentasi adalah sebuah public speaking, maka jangan hanya teori yang anda pelajari, tapi anda harus action, wujudkan dengan tindakan. Artinya jangan hanya sekedar menyampaikan tapi anda harus menerima timbal balik dari para audiences.

Maklum, karena memang pada dasarnya sesuatu yang baru pertama kali kita mulai rasanya memang cukup mendebarkan, bahkan sampai yang ada keringat dingin saking groginya. Maka dari itu anda harus sering sering berlatih public speaking. Lakukan secara perlahan, dijamin perlahan lahan rasa cemas akan berkurang dan membuat anda menjadi lebih percaya diri.

Jangan ragu juga untuk sering sering mengambil keberanian untuk tampil berbicara di depan public. Karena semakin sering anda lakukan ini maka anda akan terbiasa dengan keadaan ini.

Demikianlah tips Cara Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri Saat Akan Presentasi, semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>