Cara Menelepon Yang Baik
15 August 2016
Category:
Blog
Communication
Service Excellence Views: 5,577
Comments: 0

Cara Menelepon Yang Baik

Telepon merupakan suatu alat komunikasi yang mempermudah seseorang untuk berbicara dengan orang lain di tempat lain. Telepon sangat membantu dan berguna memperlancar kegiatan manusia. Kini seseorang tidak perlu repot-repot menempuh perjalanan jauh untuk menyampaikan sesuatu pada orang lain. Mereka hanya membutuhkan sebuah telepon.

Namun banyak orang yang menggunakan telepon dengan tidak memperhatikan tata kramanya. Menggunakan telepon untuk berbicara dengan seseorang perlu memperhatikan tata kramanya agar orang yang sedang diajak bicara tidak merasa tersinggung. Bukannya memperbaiki hubungan lewat telepon, anda malah akan merusak hubungan anda dengan orang lain. anda pasti tidak ingin hal itu terjadi bukan? jika demikian, mari perhatikan cara-cara menelepon yang baik berikut ini.

1. Perhatikan jam anda menelepon

Time-Management-in-your-GMAT-Preparation-MBA-Application1Saat anda menelepon seseorang, itu sama halnya dengan anda sedang bertamu ke rumah orang tersebut. Anda harus mengetahui kapan saat yang tepat untuk menelepon.

Jika orang yag anda telepon adalah seorang guru, mungkin sebaiknya anda tidak menelepon pada jam aktif mengajar.Teleponlah orang tersebut pada jam istirahat atau sewaktu sekolah berakhir.

Menelepon seseorang pada jam tersibuk mereka akan menimbulkan kesan menganggu. Demikian pula pada jam istirahat. Menelepon orang pada dini hari akan mengganggu jam tidurnya. Jangan heran orang tersebut akan marah pada anda nantinya bila anda menelepon pada jam-jam istirahat mereka. .

2. Ucapkan salam

Selayaknya orang bertamu, mengucapkan salam terlebih dahulu seperti meminta izin untuk pada mereka untuk menggunakan waktunya sebentar. Mengucapkan salam pada orang yang ditelepon juga dapat memberikan kesan bahwa anda adalah orang yang sopan dan berniat baik. Dengan kesan seperti itu siapa yang tidak akan menjawab telepon anda?

3. Sebutkan identitas diri anda

phph_wbke_resizedJika anda menelepon seseorang untuk pertama kalinya, tentu orang tersebut akan bertanya-tanya siapakah diri anda. Akan lebih baik bila anda memperkenalkan diri anda terlebih dahulu.

Cukup menyebutkan nama dan asal anda akan membuat orang tersebut bisa mengenali anda. Hal ini penting dalam komunikasi telepon karena anda dan orang yang anda telepon tidak dapat mengenali satu sama lain secara visual.

Setelah menyebutkan identitas anda, anda dapat memulai pembicaraan.

4.  Pergunakan nada bicara yang ramah

25unnamed (1)Nada bicara yang ramah diperlukan saat menelepon. Perhatikan juga agar tidak mengeluarkan kata-kata kasar. Kalimat dan topik yng menyinggung juga sebaiknya dihindari. Jika anda menyinggung lawan bicara anda, ia mungkin saja akan bersikap tidak nyaman pada anda.

ia bisa saja marah atau langsung menutup telepon. Jika orang tersebut sudah bertindak demikian, ia akan sulit anda hubungi lagi. Karena pasti ia akan menutup setiap telepon yang berasal dari anda.

5. Bicarakan hal yang diperlukan saja

Menelepon seseorang berjam-jam secara tidak sadar dapat mengganggu waktu pribadinya. Akan ada baiknya bila setelah anda membicarakan tujuan anda, anda langsung mengakhiri pembicaraan dan menutup teleponnya. Namun jika anda dan lawan bicara anda adalah orang yang cukup dekat dan ingin melepas rindu lewat telepon, maka hal ini pantas saja untuk anda lakukan. Sebaiknya hindari menelepon terlalu lama pada orang yang baru saja anda kenal. Karena hal ini bisa sangat menganggu mereka.

6. Akhiri pembicaraan dengan salam

6-alasan-mengapa-anda-sebaiknya-menelepon-seorang-pria-terlebih-dahulu_670x310Jika anda mengawali pembicaraan telepon dengan salam, alangkah baiknya bila anda menutupnya dengan salam juga. Menggunakan salam di akhir pembicaraan menunjukkan kesan bahwa anda adalah orang yang sopan.

Permisi saat datang dan permisi saat pulang. Saat anda menutup telepon dengan salam, anda akan meninggalkan kesan yang baik pada orang tersebut. Orang tersebut pun akan segera mengangkat telepon dari anda pada kesempatan lain.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>