5 Cara Membuat Slide Presentasi Kelas Dunia
10 February 2017
Category:
Blog
Communication Views: 377
Comments: 0

5 Cara Membuat Slide Presentasi Kelas Dunia

Cara membuat slide presentasi kelas dunia harus Anda ketahui jika ingin bisnis Anda go internasional. Membuat slide presentasi tidak boleh sembarangan, terlebih jika ditargetkan untuk kelas dunia. Jika Anda hanya membuatnya serampangan saja, bisa jadi bisnis Anda tidak akan dilirik sedikit pun oleh pihak asing. Lalu, bagaimana cara membuat slide presentasi yang ditujukan untuk kelas dunia? Berikut ini uraian lengkapnya.

1. Membuat Judul dan Slide Pembuka yang Kuat

9-Slide-Presentasi-MenarikKesan pertama menentukan langkah selanjutnya. Mungkin istilah ini juga berlaku saat melakukan presentasi. Pembukaan slide merupakan bagian terpenting dalam sebuah presentasi.

Sebab, dari sesi ini akan diketahui apakah audiens tertarik dengan penjelasan selanjutnya atau tidak. Oleh karena itu, buatlah pembukaan slide yang menarik dan tampil beda.

Jangan ragu untuk menggunakan gambar yang unik, menarik, dan menggunakan warna menonjol. Selain itu, buatlah judul yang menarik dan mengundang minat audiens untuk mengetahui lebih lanjut tentang hal yang akan Anda jelaskan.

2. Menggunakan Satu Skema Warna

Skema warna juga bisa menjadi penentu dari sukses tidaknya presentasi Anda. Sebab, penggunaan skema warna yang tepat bisa mengesankan profesionalitas presentasi Anda sekaligus keharmonisan dalam berpresentasi. Audiens juga akan merasa nyaman untuk terus menyimak penjelasan Anda.

Untuk menciptakan skema warna seperti ini, Anda bisa mengambil contoh dari skema warna yang dipilih majalah terkenal, situs web terkenal, atau yang sudah disediakan Power Point. Pilihlah yang menarik dan sesuai dengan tema yang akan Anda bahas.

3. Menggunakan Gambar yang Menarik

slide-4-620x714Gambar merupakan media yang sangat mudah untuk dipahami dibandingkan teks. Oleh karena itu, gunakan gambar yang menarik dalam setiap slide. Sisipkan teks hanya sebagai penjelas yang bisa dibaca dengan singkat.

Jika presentasi yang akan Anda sampaikan lebih cenderung ke teks, buatlah skema-skemanya saja. Penjelasan dari masing-masing skema bisa dijelaskan secara langsung.

Untuk mendapatkan gambar, Anda bisa menggunakan koleksi gambar Anda sendiri atau gambar milik orang lain. Tapi ingat, jika Anda menggunakan gambar milik orang lain, jangan lupa untuk membayar jika memang itu gambar berbayar.

4. Menampilkan Teks secara Baik

Bagaimana pun juga, slide membutuhkan teks untuk menjelaskan dari gambar yang ditampilkan. Karena teks yang ditampilkan tidak banyak, Anda harus pandai-pandai dalam menyusun teks yang efektif dan efisien.

Penempatan teks juga harus Anda perhatikan pada halaman slide. Begitu juga dengan ukuran dan jenis font yang Anda pilih. Pilihlah ukuran font yang mampu terbaca oleh audiens yang duduk di kursi paling belakang. Jenis font juga tidak perlu yang berlekuk-lekuk karena biasanya audiens justru tidak mudah untuk membacanya.

5. Menggunakan CRAP (Contrast, Repetition, Alignment, Proximity)

Agar slide tampak indah dan nyaman untuk dinikmati, terapkan CRAP dengan baik.

  •  Contrast dapat membuat tampilan slide Anda tampak berbeda dan menarik, termasuk dalam hal warna.
  • Repetition (pengulangan) dapat menciptakan keharmonisan dari keseluruhan presentasi. Gunakan warna, tata letak, dan pola dari elemen yang bisa diulang untuk diterapkan di slide berbeda.
  • Agar slide Anda tampak indah dan profesional, gunakan alignment (perataan) yang konsisten saat menuliskan teks.
  • Jangan lupa memberi jarak (proximity) antara elemen yang memberi satu informasi dengan informasi yang berbeda.

Setelah membaca artikel ini, kini Anda sudah tidak bingung lagi tentang cara membuat slide presentasi kelas dunia.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>