Cara Membuat Pelanggan Merasa Penting dan Puas Dengan Layanan Anda
11 November 2017
Category:
Blog
Service Excellence Views: 39
Comments: 0

Cara Membuat Pelanggan Merasa Penting dan Puas Dengan Layanan Anda

Cara membuat pelanggan merasa penting bisa dilakukan dengan membentuk layanan konsumen atau customer service pada usaha Anda. Kenapa pelanggan harus selalu diprioritaskan? Sebab, mereka merupakan aset paling penting yang dimiliki perusahaan. Tanpa pelanggan, bisa dipastikan usaha Anda tidak akan berkembang.

Cara Membuat Pelanggan Merasa Penting

Masa depan sebuah usaha terletak pada kemampuan pemiliknya dalam menjaga pelanggan tetap senang dan puas. Untuk itu, berikan pelayanan yang tidak mereka dapatkan dari tempat lain, seperti membuatnya merasa bak seorang raja. Anda bisa  menerapkan cara membuat pelanggan merasa penting di bawah ini secara konsisten untuk meraih tujuan tersebut:

Menjaga Kualitas Produk

Manajemen Dimensi Kualitas Produk Barang & JasaApabila mendapatkan produk yang sesuai dengan harapan, pelanggan akan merasa puas. Maka dari itu, tingkatkan kualitas produk yang Anda tawarkan.

Sehingga, pelanggan tidak akan menyesal meskipun telah mengeluarkan uangnya untuk produk yang mahal. Sebab, mereka menilai kualitas produk memang sepadan dengan harganya.

 

Pelayanan yang Ramah

Ada banyak teknik yang bisa dipraktikkan untuk mendapat perhatian dan meninggalkan kesan positif bagi pelanggan. Tapi, yang paling utama adalah Anda harus ramah, tidak menampakkan wajah cemberut, murung atau marah yang akan menyebabkan pelanggan segan bahkan kesal. Berikan senyum terbaik Anda, walaupun mereka sedang kesal karena mungkin toko sedang ramai dan tidak segera dilayani serta masih banyak lagi penyebabnya.

Bila pelanggan mengajukan komplain, ucapkan permintaan maaf terlebih dulu, meski Anda sebenarnya tidak salah. Karena jika Anda ikut kesal, yang ada malah membuat mereka tambah marah.

Dengarkan Saran dan Keluhan dari Pelanggan

86495940Ketika pelanggan menyampaikan saran dan keluhan, sebaiknya dengarkan dengan baik. Setelah Anda memahami permasalahannya, segera tindak lanjuti keluhan tersebut.

Tentu mereka menyampaikan keluhan karena ada hal yang kurang nyaman dan ingin segera dirubah. Jadi, menindaklanjuti keluhan mereka merupakan cara membuat pelanggan merasa penting dan dihargai pendapatnya.

Jangan abaikan hal itu karena dengan adanya saran, Anda bisa mengetahui kekurangan dalam bisnis dan memperbaikinya.

Berikan Pelayanan Ekstra

Tips berikutnya adalah dengan memberikan pelayanan ekstra. Bisa berupa promosi atau diskon khusus, baik bagi pelanggan lama maupun pelanggan baru. Anda bisa membuat kartu member yang mempunyai beberapa kelebihan dan fasilitas menarik untuk membuat pelanggan merasa istimewa. Selain itu, Anda dapat memberikan hadiah kepada pelanggan setia saat ada event-event tertentu, seperti ulang tahun perusahaan, Hari Raya dan sebagainya.

Pelayanan ekstra yang menguntungkan pelanggan pasti dapat meningkatkan kepuasan mereka secara efektif.

Kepuasan Pelanggan

kepuasan konsumenKepuasan pelanggan adalah indikator kesuksesan sebuah bisnis. Seperti ungkapan, “pelanggan adalah raja”, yang artinya sebagai pemilik usaha, Anda harus senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik.

Kepuasan pelanggan tak hanya menjadi kebanggaan pemilik usaha, tapi juga bisa memberi dampak positif bagi peningkatan omzet bisnis.

Pelanggan merupakan salah satu alat promosi secara tak langsung. Apabila pelanggan puas dengan produk serta pelayanan Anda, mereka dengan sukarela akan merekomendasikannya pada teman, keluarga dan siapapun. Demikian pula jika kualitas produk dan pelayanan Anda buruk, pelanggan tidak akan segan untuk memberikan pendapat negatif pada orang lain.

Jadikan pelanggan sebagai raja agar Anda bisa mengetahui dan melayani kebutuhan mereka. Perlakukanlah pelanggan secara personal dengan selalu menggunakan nama mereka dan cari cara untuk memujinya dengan tulus. Sebab, pelanggan sangat sensitif serta tahu apakah Anda betul-betul peduli atau tidak. Untuk meningkatkan kepuasan mereka, selalu terapkan cara membuat pelanggan merasa penting.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>