Cara Membuat Happy Customer
24 November 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 692
Comments: 0

Cara Membuat Happy Customer

Cara Membuat Happy Customer

Cara Membuat Happy Customer

Happy Customer

Setiap perusahaan sangat ingin meningkatkan penjualannya, baik perusahaan berskala kecil atau berskala besar, standar internasional ataupun standar nasional, maupun perusahaan dibidang product maupun jasa. Anda juga ingin meningkatkan penjualan, kan?

Ada banyak cara untuk meningkatkan penjualan, diantaranya menggunakan promosi online seperti Sosial Media. Ada pula dengan promosi offline, misalkan mengganti kemasan produk Anda agar lebih menarik, memperbaiki kualitas produk. Dan juga bisa dilakukan dengan Unique Selling Proposition, yaitu dengan mengganti cara Anda untuk menjual produk Anda dipasar nya.

Tahukah Anda? Cara itu belum sepenuhnya efektif jika penjualan Anda dapat membuat “ Happy Customer “. Saat Anda dapat membuat pelanggan anda Happy, maka bisa dipastikan penjualan Anda akan terus berlanjut karena Happy Customer pasti akan melakukan repeat order dikarenakan kepuasan dan kebahagiannya sebagai customer.

Contoh sederhananya, pernahkah Anda melihat warung makan yang sangat ramai dikunjungi pelanggan? Walaupun warung makan tersebut tidak menggunakan strategi marketing apapun, jika pelayanannya dan makanan yang disajikan sangat disukai dan membuat customer puas, customer pasti akan datang kembali dan memberitahukan rekan atau keluarganya untuk membelinya.

Happy Customer adalah pelanggan yang puas dengan apa yang mereka dapatkan dan Anda janjikan kepada pelanggan Anda. Standar dari Happy Customer = Apa yang Anda tawarkan SAMA dengan yang Pelanggan dapatkan. Jika Anda berikan yang lebih? Tentu customer lebih dari sekedar Happy, bukan?

 

Apa yang harus Anda lakukan untuk menciptakan Happy Customer? 

1. Tetapkan Standar apa yang ingin Anda berikan kepada pelanggan.

Semua pebisnis pasti ingin memberikan semua yang terbaik untuk pelanggan, namun terkadang kita tidak mampu memberikan semuanya. Contohnya, sebuah maskapai penerbangan. Sebuah maskapai penerbangan menjanjikan harga yang sangat murah untuk tiket pesawatnya, namun maskapai tersebut tidaklah tepat waktu dalam jadwal penerbangan. Apakah maskapai tersebut membuat Happy Customer? Jawabannya, Iya. Mengapa demikian? Maskapai tersebut tidak pernah menjanjikan customernya tepat waktu, tetapi maskapai tersebut mengclaim bahwa maskapai tersebutlah yang paling murah. Apakah customer berhenti memakai maskapai tersebut? Tidak, customer akan tetap memakai maskapai tersebut dikarenakan harganya yang sangat murah, karena Standar yang ditetapkan adalah Tiket Murah tersebut.

2. Berikan layanan dengan Cepat ( Fast Response ).

Satu hal yang membuat Happy Customer berikutnya yaitu Pelayanan Cepat. Kalau Anda mempunyai bisnis warung makan, jika customer datang maka langsung sapa dan siapkan buku Menu untuk dipesan oleh customer. Pastikan tim service Anda bergerak cepat dan tepat untuk membuat Happy Customer.

3. Ucapkan Terima Kasih.

Berikan ucapan Terima Kasih Anda kepada pelanggan. Rasa Terima Kasih Anda akan membuat Customer merasa dihargai dan merasa senang.

4. Berikan pelayanan khusus kepada Customer yang sudah melakukan Repeat Order.

Berikan sesuatu yang istimewa untuk Customer yang sudah beberapa kali melakukan pembelian product Anda. Tidak ada salahnya jika Anda melatih tim Anda untuk mengingat nama pelanggan yang sudah pernah melakukan pembelian, sehingga pelanggan tersebut merasa senang diberikan prioritas dikarenakan sudah melakukan Repeat Order.

 

Pastikan Goals penjualan Anda berdampak pada Happy Customer, karena Happy Customer akan mempertahankan penjualan Anda menjadi semakin bagus untuk Perusahaan Anda.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>