Cara Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan Dengan Baik
23 December 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 994
Comments: 0

Cara Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan Dengan Baik

Memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan baik akan memberikan dampak langsung pada bisnis Anda. Tidak hanya mengenai penjualan produk tapi juga mengenai kesan yang hendak Anda bangun pada bisnis Anda. Sehingga memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan adalah sebuah keharusan yang dilakukan setiap perusahaan.

pelayanan kepada pelanggan

pelayanan kepada pelanggan

Berbeda dengan produk yang bisa dilihat, pelayanan tidak bisa dilihat. Sehingga Anda membutuhkan tanggapan dari konsumen untuk mengetahui pelayanan yang Anda berikan cukup baik atau tidak. Meski begitu, Anda harus tetap melakukan uaha terbaik untuk memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen. Berikut ini beberapa cara memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan:

Respon baik dan cepat

Memberikan respon dengan baik dan cepat adalah hal kecil yang seringkali dilupakan. Meski remeh namun memberikan respon dengan baik adalah hal yang paling diinginkan pelanggan. Setiap kali pelanggan memerlukan saran atau bantuan, berikan respon dengan baik. Sehingga pelanggan merasa dihargai dan terbantu selama mengunjungi toko atau perusahaan Anda.

Selain respon yang baik, pelayanan harus dilakukan dengan cepat. Anda tidak bisa membiarkan pelanggan menunggu lama hanya untuk memenuhi keperluannya. Pelayanan yang tidak cepat menandakan Anda belum siap menghadapi pelanggan. Hal ini akan menjadi nilai pelayanan yang sangat buruk dihadapan pelanggan.

Pelayanan tanggap dan cerdas

Keinginan dan keperluan pelanggan adalah nomor satu baginya. Sehingga pelayanan yang tidak memenuhi apa yang diinginkan pelanggan akan dianggap buruk. Anda harus memastikan setiap pelayanan dilakukan untuk memenuhi kebutuhanpelanggan. Karena itu diperlukan pelayanan yang cerdas dan tanggap untuk memuaskan kebutuhan dan keinginanpelanggan yang beragam.

Paham karakter pelanggan

Pelayanan tidak hanya dihadapkan pada satu ragam pelanggan. Anda akan bertemu dengan banyak pelanggan dengan berbagai karakter yang menjadi latar belakangnya. Setiap karakter pelanggan memiliki penanganan khusus yang harus Anda pelajari. Sehingga Anda terbiasa menghadapi berbagai karakter pelanggan tidak terkecuali keinginannya yang juga berbeda-beda.

Gesture tubuh

Pelayanan yang baik tidak hanya mengenai memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Pelayanan yang baik tidak juga hanya mengenai tanggapan yang cepat untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Pelayanan juga memerlukan gesture atau bahasa tubuh yang bagus. Anda memerlukan bahasa tubuh yang baik sehingga mampu memberikan pelayan yang baik.

Bahasa tubuh yang baik berkaitan langsung dengan raut muka yang ramah dan tutur kata yang sopan. Saat Anda memberikan pelayanan dengan raut wajah yang ramah, pelanggan tidak akan segan menyampaikan keinginannya. Saat Anda bertutur kata dengan baik, pelanggan akan merasa dihargai saat menyampaikan keluhannya.

Karyawan akan terbiasa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan jika karyawan telah mengikuti training pelayanan yang berkualitas. Untuk mendapatkan training pelayanan berkualitas, Anda dapat menghubungi 0817084484008197594525. Training pelayanan kepada pelanggan telah dibuktikan oleh klien mereka seperti PT HM Sampoerna, Bank Permata, Carefour, Alfamart hingga Takaful dan Axa.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>