Cara Memanfaatkan Sosial Media Untuk Jualan
25 December 2016
Category:
Blog
Sales Views: 279
Comments: 0

Cara Memanfaatkan Sosial Media Untuk Jualan

Faktor terpenting dalam meningkatkan penjualan untuk toko kita yaitu kita harus melakukan promosi karena tanpa adanya promosi maka bisnis yang kita jalani sulit dikenal sehingga akan kesulitan dalam menjaring banyak konsumen. Hal ini berlaku untuk toko online maupun toko offline.

Saat ini promosi bisa kita lakukan dengan luas dan mudah dimana saat ini telah hadir banyak media media online yang bisa kita manfaatkan sebagai media promosi. Salah satunya adalah memanfaatkan sosial media untuk jualan. Sosial media tak hanya sebagai wadah kita mendapatkan teman, tapi bisa dimanfaatkan untuk melakukan promosi produk produk yang kita jual. Berpromosi atau berjualan melalui sosial media saat ini dianggap paling efektif dalam menjaring banyak konsumen dan menjadi toko online yang laris manis. Maka dari itu artikel kali ini akan membahas tentang cara memanfaatkan sosial media untuk jualan. Yuk simak, check this out

1. Facebook dengan facebook ads

84898948-facebook-tech-xlarge_transfz2mkb99nyfwhs4bvtaqlss4xzfk3s07juafvyzyvw084898948-facebook-tech-xlarge_transfz2mkb99nyfwhs4bvtaqlss4xzfk3s07juafvyzyvw020150821155725-gifs-coming-facebook-posts-1Pengakses internet terbesar di Indonesia pasti memiliki akun Facebook. Facebook sebagai sosial media dinilai sangat mudah dimanfaatkan sebagai media untuk menjalankan bisnis online atau dimanfaatkan untuk jualan secara online sebab dianggap efektif dan cepat sehingga sudah banyak pemilik toko online yang aktif menggunakan Facebook untuk jualan.

Hal ini membuat facebook berinovasi menciptakan fasilitas Facebook Ads untuk memfasilitasi para pebisnis online dalam mempromosikan toko online mereka. Disini mereka bisa membuat iklan untuk mempromosikan toko online mereka. Namun Fasilitas Facebook Ads ini tidak gratis mereka harus membayar tapi jangan khawatir harga bayarnya cukup terjangkau kok. Jadi tak perlu takut untk berinvestasi melalui facebook ads ini.

2. Twitter dengan hastag

video-twitterAwalnya Twitter hanya digunakan sebagai media sharing status atau tweet, tapi sekarang twitter telah menjadi media promosi alternatif .Bahkan kebanyakan toko online sudah mempunyai akun Twitter sehingga pemilik jadi lebih mudah berpromosi dan berinteraksi dengan para pelanggannya.

Sama dengan Facebook, Twitter juga cukup efektif dan sangat mudah digunakan dan dijangkau baik oleh pemilik maupun oleh para pelanggan toko online dimanapun mereka berada. Dalam twitter Kita dapat memanfaatkan hashtag (#) dengan memberikan nama hastag popular yang dicantumkan dalam setiap tweet.

Hal ini akan membuat kita bisa mendapat kesempatan untuk menjadi tranding topic di Indonesia bahkan dunia. Manfaat menggunakan Hashtag juga akan memudahkan follower menemukan akun toko online kita di Twitter.

3. Instagram dengan hastag dan endorse

instagram-keyboard-app-take-pictures-photos-picsInstagram terbilang media social yang baru – baru ini muncul. Semenjak kemunculannya  Instagram sudah sangat popular, bahkan instagram sudah banyak digunakan oleh pengguna internet aktif tak jarang juga dari kalangan pebisnis online.

Pada dasarnya Instagram adalah sebuah media sosial yang khusus digunakan untuk fotografi atau gambar. Namun seiring perkembangannya ternyata instagram dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis online agar semakin berkembang. Rata – rata pemilik akun instagram juga merupakan pengguna akun Facebook dan Twitter karena instagram juga bisa berintegrasi dengan facebook dan twitter.

Bahkan banyak sekali mereka yang telah memanfaatkannya instagram untuk berbisnis online telah merasakan berbagai kemudahan dimana penjual dapat lebih dekat dengan target pasar. Dimana dengan foto yang diupload dan dilengkapi dengan informasi detail produk yang dicantumkan, calon konsumen akan merasa lebih dekat dengan penjual di toko online. Disamping itu Instagram juga dijadikan sebagai media pendukung alternatif untuk melakukan promosi semua produk yang mereka jual dalam toko online.

4. Path

media social path ini terhitung baru, meskipun begitu media sosial ini telah banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis online. Awalnya  path digunakan hanya sebagai social media mana tampilannya terlihat seperti Private Facebook dan Twitter. Hanya saja Path lebih minimalis sehingga membuat Path memiliki peminat yang cukup banyak. Oleh karena itulah path tidak lagi untuk sekedar menyapa satu dan berteman satu sama lain, namun juga telah digunakan sebagai media alternatif berbisnis online.

5. Line

Anda tentu sudah mengenal Social media ini bukan. Dengan line kita bisa mendapatkan teman lebih banyak, nah keunggulan ini bisa kita manfaatkan untuk jualan. Semakin maraknya penjual online yang memanfaatkan sosial media line ini untuk jualan, maka pemilik line melakukan pengembangan dengan membuat fitur khusus untuk jualan online, fitur ini adalah Line@. Dimana fitur ini didesain seperti layaknya toko online, dimana kita bisa melakukan promosi secara otomatis ke semua teman dan memajang serta melakukan promosi dengan mudah melalui line.

Itulah 5 cara memanfaatkan sosial media untuk jualan. Meskipun caranya mudah, namun anda tetap harus bersabar dan konsisten dalam menjalaninya agar hasilnya bisa maksimal. Semoga bermanfaat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>