Cara Melihat Mata Lawan saat Berbicara
25 July 2016
Category:
Blog
Service Excellence Views: 694
Comments: 0

Cara Melihat Mata Lawan saat Berbicara

Mata merupakan indera penglihat yang dapat menjadi penilaian terhadap seseorang ketika berbicara. Melihat mata lawan saat berbicara merupakan sikap nonverbal yang biasa dilakukan setiap orang. Hal tersebut seperti yang dituturkan oleh Pelatih Komunikasi bernama Dokter Audrey Nelson. Begitu juga menurut penelitian dari University of Miami yang dilakukan Rodney Wellens dan Stephen Janik, 43,4% seseorang ketika berbicara lebih fokus melihat bagian mata. Sehingga setiap kali seseorang berbicara, maka mereka lebih terpusat perhatiannya ke mata si lawan bicara. Namun, ternyata melihat mata lawan saat berbicara tidak begitu saja dilakukan. Ada caranya ketika Anda melihat mata lawan saat berbicara, berikut ini untuk disimak.

Cara Melihat Mata Lawan saat Berbicara dengan Satu Orang

kontak mataSetiap kali Anda diajak bicara, pastilah lawan bicara menginginkan Anda mendengarnya. Lawan bicara tersebut ingin Anda serius mendengarkan apa yang mereka bicarakan.

Dan cara yang dapat Anda lakukan agar dapat fokus mendengarkan seseorang bicara adalah lihat pada bagian bawah kening. Yaitu, tempat batang hidung antara kedua buah mata berada.

Di situlah titik fokus yang harus Anda lihat ketika seseorang sedang berbicara.

Cara Melihat Mata Lawan saat Berbicara di Depan Umum

Berbeda yang harus Anda lihat ketika harus berbicara di depan umum atau didepan banyak orang. Sebab Anda tidak mungkin berbicara sambil melihat mata lawan satu per satu. Hal itu akan membuat Anda menjadi tidak fokus saat berbicara. Lalu apa yang harus Anda lihat? Ketika Anda sedang berbicara di depan umum, buatlah orang-orang mengira Anda melihat mata mereka dengan melihat bagian rambut atau keningnya.

Cara Melihat Mata Lawan saat Berbicara dalam Forum Diskusi

diskusiDalam forum diskusi, melihat mata lawan saat berbicara dinilai Anda fokus memperhatikan apapun yang diucapkan orang tersebut. Namun, mengingat forum diskusi biasa dilakukan saling berhadapan dengan beberapa orang, dalam kelompok kecil, maka jangan terlalu memperhatikan mata lawan Anda.

Cara yang paling tepat untuk dilakukan adalah dengan melihat bagian celah mata lawan.

Cara Melihat Mata Lawan Jenis saat Berbicara

Ada perbedaan yang harus Anda ketahui ketika berbicara dengan lawan jenis. Antara pria dan wanita tidaklah sama. Jika Anda wanita dan perlu melihat mata lawan pria saat berbicara, maka inilah caranya. Tataplah kedua mata lawan pria Anda, namun jangan lakukan terlalu lama. Sesekali Anda dapat melihat bagian kening atau rambut dari lawan bicara pria. Sebab pria cenderung kurang begitu nyaman ketika terlalu diperhatikan oleh wanita ketika berbicara. Jika Anda pria dan perlu melihat mata lawan wanita saat berbicara, perhatikan ini. Wanita pintar menilai lawan bicara apa yang mereka lihat. Sehingga bagi pria hendaknya melihat bagian tengah atau bagian batang hidung wanita. Dan sesekali, Anda tidak masalah melakukan sikap membuang muka saat berbicara dengan mata lawan wanita.

Itulah cara yang dapat Anda lakukan ketika perlu melihat mata lawan saat berbicara. Pastinya setiap orang yang berbicara ingin diperhatikan, ingin dilihat, sebagai bentuk sikap bahwa Anda tidak mengacuhkan setiap perkataan dari lawan bicara. Lihatlah mata lawan dengan cara yang benar. Tenang, cara-cara di atas bukan hal yang sulit untuk Anda lakukan. Tinggal sesuaikan dengan kondisinya, apakah Anda perlu berbicara sendiri, di depan umum, dalam forum diskusi, atau bersama lawan jenis. Semua memiliki cara yang berbicara ketika Anda perlu menatap mata lawan bicara tersebut.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>