Cara Melayani Pelanggan Dengan Baik Yang Bisa Diterapkan Pebisnis Pemula?
6 January 2017
Category:
Blog
Sales
Service Excellence Views: 302
Comments: 0

Cara Melayani Pelanggan Dengan Baik Yang Bisa Diterapkan Pebisnis Pemula?

Dalam dunia bisnis, pelanggan adalah komponen penting yang menjadi tolak ukur penilaian. Sebuah bisnis dapat maju dan berkembang apabila jumlah konsumen meningkat dari tahun ke tahun. Sebaliknya, sebuah bisnis dinyatakan gagal saat konsumen yang memanfaatkan produk dari bisnis tersebut sangat sedikit. Berikut adalah beberapa trik bisnis cara melayani pelanggan dengan baik agar usaha makin berkembang dan sukses.

Perbanyak senyum

pelayanan-pelanggan-bisnis-yang-baikPada saat melayani pembeli dalam sebuah outlet, perbanyak senyum Anda dan layani konsumen dengan ramah.

Memberikan senyum tulus pada orang lain akan membantu Anda meningkatkan hormon endorfin yang berfungsi merelaksasi saraf dan otot.

Saat wajah Anda terlihat segar dan senang, secara tidak langsung konsumen yang berhadapan dengan Anda mau membeli produk yang ditawarkan.

Self reminder

Saat Anda menjadi seorang pebisnis pemula, jangan pernah mencoba menenangkan diri dengan menganggap produk yang dimiliki lebih unggul jika dibandingkan dengan produk lain di bidang serupa. Anda perlu menerapkan prinsip self reminder untuk mampu melayani konsumen tanpa keluhan dan masalah.

Posisikan diri disisi konsumen

Latina lunch

Terkadang Anda baru lebih memahami keinginan konsumen saat Anda memposisikan diri sendiri seperti konsumen yang bersangkutan.

Anda perlu memposisikan diri seperti seorang konsumen agar Anda bisa memperkirakan layanan seperti apa yang mampu memuaskan konsumen dan membantu meminimalisir masalah yang mungkin timbul di kemudian hari.

Pengecekan permintaan konsumen

Ketika Anda melayani seorang konsumen, lakukan pengecekan ulang atas permintaan konsumen. Pengecekan ulang tersebut dapat berupa pengecekan merek produk yang dipesan (distributor barang branded), jenis barang yang dipesan, jumlah barang yang dipesan, warna atau spesifikasi produk yang diinginkan, dan berbagai hal lainnya. Pengecekan permintaan bisa membantu meningkatkan kepuasan konsumen dan meminimalisir kesalahan yang umumnya timbul karena ketidak telitian pihak penjual.

Ketahui jumlah stok

Anda perlu ingat bahwa dalam dunia bisnis tidak semua konsumen memiliki hobi maupun kesukaan yang serupa. Oleh karena itu, Anda perlu tahu berapa stok produk yang dimiliki untuk masing-masing kategori. Dengan demikian, Anda tidak akan sering mengecewakan pelanggan apabila produk yang diinginkan pelanggan yang bersangkutan ternyata tergolong produk khusus.

Tingkatkan interaksi dengan pelanggan

pelayanankonsumen1213Saat Anda menjalankan bisnis di bidang tertentu, jangan lupa untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan terkait upaya peningkatan interaksi.

  • Membangun website yang merupakan forum diskusi untuk menampung segala jenis pertanyaan tentang penggunaan produk.
  • Membangun pertanyaan dengan konsumen untuk sistem penjualan secara langsung atau via website.

Pemberian layanan ekstra

Trik bisnis cara melayani pelanggan dengan baik lainnya bisa ditempuh dengan cara pemberian layanan ekstra. Untuk hal ini, setiap penjual berhak menentukan sendiri jenis layanan ekstra yang akan diberikan, seperti:

  • Potongan diskon untuk beberapa jenis produk tertentu yang dijual oleh pihak pebisnis
  • Layanan pesan antar atau gratis ongkos kirim untuk pengiriman produk dalam jarak tempuh tertentu atau pertimbangan lainnya.
  • Pola garansi yang bisa diklaim apabila produk dari penjual tidak sesuai kenyataannya dengan yang diberikan penjual.
  • Pola pembayaran yang bisa disesuaikan dengan pola transaksi sebelumnya. Sebagai contoh saat awalnya Anda hanya melayani pembelian cash (tunai), Anda bisa menambah layanan dengan pembayaran via atm, kartu kredit, dan lainnya.

Semoga dengan berbagai bahasan trik bisnis cara melayani pelanggan dengan baik diatas, Anda mampu menjalankan bisnis yang adil dan menyenangkan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>