Cara Melakukan Pelayanan Prima Pada Pelanggan
20 October 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 2,631
Comments: 2

Cara Melakukan Pelayanan Prima Pada Pelanggan

Semua pemilik bisnis tentunya sangat memahami pentingnya pelayanan prima kepada pelanggan. Hingga berbagai cara mereka lakukan untuk meningkatkan pelayanan prima bisnis mereka. Berbagai pelatihan yang terkait dengan pelayanan prima mereka adakan. Tidak hanya melakukan pelatihan tapi mereka juga membayar mahal konsultan untuk bisa mendapatkan pelayanan prima paling tepat untuk memperkuat bisnisnya.

Sayangnya tidak semua pemilik bisnis mampu membayar mahal konsultan untuk meningkatkan pelayanan prima bisnisnya. Terutama pemilik bisnis yang baru memulai usahanya, mengadakan pelatihan adalah sebuah agenda besar yang membutuhkan banyak biaya. Meski begitu Anda tidak perlu cemas karena untuk memberikan pelayanan prima tidak membutuhkan biaya yang mahal. Banyak cara-cara sederhana yang cukup ampuh untuk meningkatkan pelayanan prima kepada pelanggan untuk membangun bisnis Anda.

pelayanan prima

pelayanan prima

Pengertian pelayanan prima

Pelayanan seringkali dianggap sebagai sebuah usaha untuk melayani. Sebagai sebuah usaha untuk melayani, inti dari pelayanan adalah tindakan nyata. Sehingga pelayanan prima merupakan sebuah bentuk tindakan nyata untuk melayani. Dalam dunia bisnis pelayanan diberikan kepada pelanggan yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari keberadaan bisnis itu sendiri.

Karena pelayanan prima erat hubungannya dengan pelanggan, terdapat 3 hal utama yang harus dipenuhi dalam pelayanan. Tiga hal tersebut adalah peduli, tindakan dan memuaskan pelanggan. Selama 3 hal tersebut dipenuhi, pelayanan prima sudah pasti dapat dilakukan. Sebaliknya jika salah satunya tidak dapat dipenuhi, maka pelayanan tidak akan bisa diberikan dengan prima.

Praktik pelayanan prima

Secara teori pelayanan prima sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu memenuhi 3 hal utama dalam pelayanan untuk memastikan pelanggan dilayani secara prima. Kenyataannya di lapangan justru sebaliknya. Pelayanan prima sangat sulit dilakukan. Hal ini terjadi karena 3 hal utama pelayanan prima terkait dengan faktor-faktor lain yang dimiliki perusahaan.

Meski tidak mudah, namun pelayanan prima dapat dilakukan tanpa harus membayar mahal konsultan. Berikut ini beberapa langkah mudah melakukan pelayanan prima:

1.   Lebih dekat secara pribadi

Karakteristik pelanggan berbeda-beda. Tidak hanya selera tapi juga keinginan dan kebutuhannya akan pelayanan berbeda. Karena itu setiap perusahaan harus lebih dekat kepada pelanggan. Lakukan pendekatan untuk mengetahui keinginan mereka. Bila perlu lakukan pendekatan secara personal untuk memberikan pelayanan terbaik yang mereka butuhkan.

2.   Meningkatkan kemampuan pelayanan dari karyawan

Mampu memberikan pelayanan prima bagi pelanggan tidak hanya harus menjadi keinginan pemilik perusahaan. Setiap karyawan harus memiliki keinginan yang sama sehingga kemampuan mereka melayani pelanggan semakin prima. Bila perlu gunakan sistem reward juga punishment untuk setiap pelayanan prima yang diberikan karyawan.

3.   Informasi secepatnya

Setiap pelanggan selalu menginginkan pelayanan prima yang tidak hanya tepat tapi juga cepat. Berikan keinginan pelanggan dengan memberikan informasi yang mereka perlukan secepatnya. Jangan sibuk mencari alasan melainkan penuhi setiap keluhan pelanggan.

Jika beberapa langkah mudah melakukan pelayanan prima ini tidak memberikan hasil maksimal, Anda dapat menghubungi  08170844840/08197594525. Di sini Anda akan mendapatkan cara mudah melakukan pelayanan prima. Beberapa klien yang melakukan praktik langsung pelayanan prima adalah PT HM Sampoerna, Carefour, Alfamart hingga Bank Permata dan Takaful.  Kinerja mereka dalam memberikan tips-tips pelayanan prima telah dibuktikan oleh banyak klien besarnya.

Comments

comments

2 responses on “Cara Melakukan Pelayanan Prima Pada Pelanggan

  1. […] kerap dipermasalahkan dalam pelayanan publik adalah ketidaksiapan dari sumber daya manusia yang berperan di dalamnya. Masalah lainnya adalah […]

  2. […] praktik. Oleh karena itu, program pelatihan merupakan solusi untuk mencapai dan mewujudkan gagasan excellent service secara […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>