Cara Efektif Memotivasi Karyawan
25 February 2015
Category:
Blog
Training Views: 1,021
Comments: 0

Cara Efektif Memotivasi Karyawan

Cara Efektif Memotivasi Karyawan

Modul training motivasi menjadi salah satu media yang dibutuhkan untuk memotivasi karyawan. Terkadang karyawan menjadi mudah jenuh atau bosan dengan tugas yang mesti dilakukan. Terlebih saat target kerja menumpuk dan semuanya dikejar deadline.

Tentu sebagai pimpinan Anda perlu memikirkan cara memotivasi karyawan agar semangat kerja karyawan tetap membara dan memberikan kinerja terbaik bagi perusahaan. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba terapkan agar karayawan tidak mudah bosan dengan pekerjaan:

Pastikan Waktu Istirahat Karyawan Cukup

Memotivasi karyawan bisa Anda lakukan dengan mematikan waktu istirahat mereka cukup. Pekerjaan dan tugas yang menumpuk dapat membuat karyawan kelelahan dan akhirnya produktivitas kerja mereka menurun. Oleh karena itu, jangan bersikap telalu ketat kepada karyawan. Bagaimana pun para karyawan membutuhkan waktu istirahat untuk melemaskan kembali otot dan menyegarkan pikiran. Dengan cukup istirahat karyawan Anda pun bisa tetap sehat dan bisa bekerja secara optimal.

Memberi Dorongan Setiap Hari

Setiap hari berikan dorongan kepada para karyawan. Salah satu bentuk pemberian dorongan tersebut misal dengan menentukan target harian yang mesti dicapai. Bila para karyawan sukses mencapai target tersebut tidak perlu sungkan memberi pujian untuk membakar semangat mereka. Dengan pujian tersebut para karyawan akan merasa kerja keras mereka dihargai. Adapun pemberian dorongan setiap hari bisa juga dilakukan misal dengan mengadakan training karyawan dan pemberian modul training motivasi.

Bangun Suasana Kerja Nyaman dan Menyenangkan

Bangun suasana kerja yang nyaman dan menyenangkan. Dalam hal ini misal dengan penentuan desain ruang kerja yang dinamis. Selain itu adakan beberapa kegiatan yang dapat membangun ikatan kuat antara karyawan dan pimpinan. Misalnya dengan melakukan out bond atau perjalanan rekreasi bersama.

Hindari Sikap Pelit

Dalam memotivasi karyawan hindari bersikap pelit. Pastikan Anda tidak pelit memberi bonus kepada para karyawan jika memang hasil kerja mereka memuaskan. Sejumlah karyawan yang berprestasi memang patut menerima penghargaan agar kinerja mereka bisa lebih baik, dan sekaligus memotivasi karyawan lain untuk ikut mengukir prestasi. Dengan demikian secara tidak langsung dapat memotivasi para karyawan untuk bekerja lebih keras dan lebih lagi.

Ajak Karyawan Untuk Berdiskusi

Agar tidak tercipta kesenjangan yang menjauhkan Anda dengan karyawan ajak mereka untuk berdiskusi. Kgeiatan diskusi akan membuat para karyawan merasa dihargai dan memiliki andil penting bagi perusahaan karena suara mereka didengarkan.

Adapun melalui diskusi yang dilakuan sebenarnya Anda juga diuntungkan karena secara tidak langsung bisa memantau kemajuan tugas yang dilakukan dan mengetahui gambaran cara mereka berpikir. Bila dari hasil diskusi memang diperlukan kegiatan khusus seperti pelatihan motivasi dan penyediaan modul training motivasi, tentu kegiatan khusus tersebut perlu diselenggarakan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>