Cara Berinteraksi dengan Customer
22 July 2016
Category:
Blog
Service Excellence Views: 1,134
Comments: 0

Cara Berinteraksi dengan Customer

Cara berinteraksi dengan customer menjadi salah satu hal yang sangat penting dan peru diperhatikan dalam dunia usaha atau bisnis. Cara berinteraksi dengan customer akan menentukan penilaian customer terhadap perusahaan yang bersangkutan. Hal ini sejalan dengan istilah bahwa pembeli adalah raja, dimana seorang raja adalah orang yang harus dilayani bahkan berhak mendapatkan pelayanan terbaik. Tidak heran jika raja ini diistilahkan untuk seorang customer, karena dunia bisnis atau dunia usaha tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya customer.

Bahkan kesuksesan sebuah perusahaan juga tidak terlepas dari peyanan terhadap customer. Pelayanan yang baik tentu akan menguntunkan bagi perusahaan, karena dengan memberikan pelayanan yang baik, maka customer akan menjadi pelanggan setia di perusahaan Anda. Bahkan efek dari pelayanan ini bisa menjadikan seorang customer merekomendasikan usaha atau bisnis Anda kepada pihak lain.

Cara Berinteraksi dengan Customer yang Baik
Dalam memberikan pelayanan yang baik terhadap customer, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan atau Anda lakukan, agar customer bisa menjadi pelanggan setia di perusahaan Anda. Berikut ini beberapa tips untuk cara berinteraksi dengan customer yang baik.

1.  Ramah

customer-relation-1200x565
Ramah merupakan salah satu sikap yang dibutuhkan untuk berinteraksi dengan customer. Usahakan diri Anda untuk menjadi seseorang yang ramah ketika Anda mulai berinteraksi atau berbincang dengan konsumen Anda.

Sifat ini akan menguntungkan bagi Anda, karena selain mendapatkan customer, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang lain. Dengan keramahan, seseorang akan merasa nyaman ketika berinteraksi dengan Anda. Ramah ini bisa ditunjukan dengan raut wajah yang fresh dan juga disertai dengan senyuman serta gaya dan nada bicara yang menarik dan lembut.

 

2. Menjadi Pendengar yang Baik

conversation-600x490
Cara lain untuk berinteraksi dengan customer adalah menjadi pendengar yang baik. Terkadang seseorang hanya ingin bercerita kepada Anda, maka jadilah pendengar yang baik untuk mendengarkan cerita customer sebelum Anda memberikan solusi.

 

 

3. Menjadi Konsultan
Ketika ada seorang customer dating kepada Anda dengan membawa permasalahannya, Anda harus berlaku sebagai konsultan yang bisa memberikan saran atau solusi terhadap permasalahannya. Dengan begitu, seorang customer akan merasa terbantu dan merasa bahwa Anda adalah salah satu orang yang peduli atau care terhadap permasalahannya.

Cara Berinteraksi dengan Customer yang Tidak Boleh Dilakukan

Setelah mengetahui cara yang harus Anda lakukan ketika berinteraksi dengan customer, maka Anda juga harus mengetahui hal-hal yang tidak boleh Anda lakukan.

1.  Jangan Menjadikan Customer sebagai Target

11
Pada dasarnya customer adalah pelanggan dari usaha atau bisnis Anda. Namun, selain sebagai pelanggan, customer juga bisa menjadi partner atau bahkan hal-hal lainnya.

Anda bisa bekerjasama dengan pelanggan pada bisnis atau usaha yang lain. Oleh karena itu, sangat penting ketika Anda memperlakukan pelanggan atau customer tidak sebagai sasaran penjualan prosuk Anda.

Akan lebih penting bagi Anda untuk menjaga hubungan atau komunikasi dengan customer daripada menawarkan produk-produk Anda, karena ketika customer sudah memiliki kepercayaan terhadap diri Anda, maka dia akan membeli produk Anda. Terlebih lagi jika Anda bisa menjalin atau menjadi partner kerja dengan customer Anda.

2. TopiK Pembahasan Tidak Monoton

Hati-hati dengan topik pembicaraan, karena topik yang Anda pilih akan berpengaruh terhadap customer. Usahakan untuk memilih topik yang sesuai dengan karakter customer. Namun, ingat topik tidak harus terbatasi seputar penjualan atau penawaran produk, bahkan Anda bisa menggali topic yang menarik bagi customer untuk menjaga komunikasi dan kedekatan dengan customer. Itulah beberapa cara berinteraksi dengan customer yang harus Anda perhatikan.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>