Betapa Pentingnya Service Excellence Di Apotik
3 March 2017
Category:
Blog
Service Excellence Views: 188
Comments: 0

Betapa Pentingnya Service Excellence Di Apotik

Apotek merupakan salah satu tempat atau fasilitas pelayanan kesehatan yang menjadi tempat pelengkap dari rumah sakit, laboratorium dan klinik. Apotek adalah sebuah tempat pelayanan kesehatan yang khusus menjual obat obatan legal. Kita tentu tahu di dalam apotek terdapat banyak obat obatan yang tersedia, bahkan terkadang pihak rumah sakit menyuruh pasien menebus obatnya di apotek.

Jadi kehadiran apotek sangatlah penting dalam penyediaan obat obatan pada pelayanan kesehatan. pada dasarnya semua pelanggan yang datang ke salah satu tempat pelayanan kesehatan tentu sudah mempunyai ekspetasi tersendiri yang berharap bahwa bila mereka datang kesana mereka bisa mendapatkan kebutuhannya khususnya dalam memperoleh kesembuhan.

drugstore-bargainsMeski tujuan masing masing orang ke tempat pelayanan kesehatan ini sama, namun untuk ekspetasi mereka tentu berbeda beda, seperti ada yang memeriksakan kondisinya,

ada yang sekedar berkonsultasi, ada yang melakukan pengecekan, ada yang bertujuan mengobati penyakit, ada yang untuk melakukan terapi dan tentunya semua yang mereka butuhkan pasti ingin mendapatkan pelayanan yang terbaik.

Sama seperti halnya bisnis bisnis pada umumnya, dimana hal yang paling penting dalam mendukung fasilitas pelayanan kesehatan adalah pelanggan. Saat ini perkembangan apotik semakin luas, sehingga persaingan usaha apotik semakin ketat, sehingga saat ini banyak usaha apotik yang menyarankan tentang pelayanan dimana yang mereka pikirkan hanyalah keuntungan.

Padahal service excellence di apotik sangatlah penting karena selain mendatangkan keuntungan, service excellence di apotik juga penting dalam mendapatkan pelanggan. Dijamin dengan banyaknya pelanggan, usaha apapun akan selalu berjalan lancar dan banyak mendatangkan keuntungan.

AAEAAQAAAAAAAAXSAAAAJDk4MWY4ZTQ4LWU1MTctNDBlMS1hYzBhLTFiYzEwN2ViZWY3NgDulu pelanggan yang datang ke Rumah Sakit atau Klinik bertujuan untuk mengobati penyakitnya oleh dokter, untuk tujuan mendapatkan kesembuhan. Akan tetapi saat ini ke rumah sakit saja tidak cukup.

Seperti yang kita tahu Semakin lama semakin banyak saja jumlah dokter dan pelayanan yang ditawarkan, sehingga semakin banyak pilihan bagi para pasien.

Ditambah lagi semakin tingginya tingkat pendidikan masyarakat, maka harapan pasien terhadap pelayanan semakin tinggi. Itu artinya semakin tinggi keinginan mereka akan informasi yang jelas dan lengkap terkait dengan service pada pelayanan kesehatan.

Lalu Bagaimana penerapan service excellence di Apotik..??

Yuk simak tips service excellence di apotik yang benar dan tepat.

  • Memberikan senyum, sapa dan sopan santun kepada pelanggan yang datang
  • Tanyakan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan
  • Berikan sikap dan wicara yang ramah dan santun kepada pelanggan
  • Berikan penjelasan tentang deskripsi obat yang akan dikonsumsi pasien mulai dari komposisinya, aturan pakai dan cara pemakaian obatnya
  • Jangan lupa terangkan pula apa pantangan dan perintah yang harus dilakukan oleh pasien supaya mereka bisa mendapatkan kesembuhan
  • Apoteker harus teliti dalam memberikan obat yang akan diberikan oleh pasien, ingat karena pasien datang ke apotek tujuannya untuk mendapatkan obat yang sesuai dengan keluhannya.
  • Sabar dan sopan adalah kunci utama dalam service excellence di apotik yang terbaik

drug-storeKehadiran apotik membuat Mereka juga berharap bisa mendapatkan service excellence yang lebih lengkap dari semua SDM (sumber daya manusia) pada pelayanan kesehatan yang mereka temui.

Maka dari itulah penting bagi para Manajemen pelayanan kesehatan yang baik harus bisa mengantisipasi hal seperti ini,

salah satunya dengan mempersiapkan sistem dan SDM yang baik supaya bisa memberikan service excellence di apotik yang memuaskan pelanggan, dengan begitu pelanggan akan senantiasa datang kembali ketika mereka membutuhkan pelayanan medis. Ingat…!!! pelanggan yang loyal adalah aset penting bagi apotik.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>